Kamis, 24 Agustus 2017

Tips Menjalani Masa Kehamilan Dengan Bahagia

Sebuah pernikahan terasa belum lengkap tanpa kehadiran buah hati. Banyak pasangan yang harus lebih bersabar untuk itu, namun adapula yang sangat beruntung karena tidak perlu menunggu lama. Bagi seorang wanita yang sudah menikah, mengandung membuatnya merasa lebih sempurna.

Akan tetapi, kebahagiaan mengetahui bahwa sudah berbadan dua ternyata masih dipengaruhi oleh beberapa faktor yang justru menimbulkan pengalaman yang kurang menyenangkan bagi ibu hamil.

Menjalani masa kehamilan selama kurang lebih 9 bulan bukanlah proses yang mudah untuk dijalani. Bahkan di awal kehamilan sendiri, seorang ibu hamil sudah harus mengalami beberapa keluhan.

Oleh karena itu, ia menjadi kurang menikmati kehamilannya. Apabila terjadi terus menerus dan tidak diatasi, maka tidak mungkin hal ini akan mempengaruhi kondisi psikologisnya dimana hal tersebut bisa berdampak pada janinnya. Walaupun belum lahir, calon buah hati sudah bisa merasakan apa saja yang dialami oleh ibunya.

Itulah mengapa, seorang ibu hamil harus bisa menjaga kondisinya, baik secara fisik maupun mental.
 
Berikut adalah beberapa tips agar ibu merasa bahagia saat mengandung:
  1. Merasa terganggu dengan morning sickness? Kondisi tersebut sangat wajar dialami oleh ibu hamil, terutama di saat kehamilan masih di usia awal. Setiap pagi, ibu mengeluhkan rasa mual dan muntah. Hal ini tidak hanya mempengaruhi pola makannya, tetapi juga perasaannya.

    Meskipun begitu, sebaiknya ibu hamil tetap berusaha menyambut pagi dengan perasaan bahagia untuk mengurangi perasaan mual dan muntah. Setelah bangun tidur, minumlah air hangat sambil mendengarkan musik favorit yang bisa membuat hati gembira.
     
  2. Merasa bosan? Ajak suami untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa berlibur dengannya di akhir pekan. Namun, pastikan jaraknya tidak terlalu jauh dan dapat ditempuh dengan waktu kurang dari enam jam. Selain itu, apabila sedang sendiri, Anda juga bisa membaca buku, menonton DVD, mencoba resep baru atau hal-hal sederhana lainnya yang bisa membuat Anda merasa senang.
     
  3. Di antara banyak keluhan yang dialami oleh ibu hamil, masalah berat badan adalah yang paling menakutkan. Tidak perlu khawatir. Asal pola makan dan gaya hidup tetap sehat, masalah berat badan bisa diatasi. Untuk tampil lebih percaya diri, Anda bisa melakukan beberapa trik. Misalnya memilih baju yang sesuai dengan bentuk tubuh dan sepatu dengan alas datar agar Anda merasa nyaman.
     
  4. Jauhi orang-orang yang memiliki pemikiran negatif. Lingkungan memberikan dampak tersendiri pada kondisi psikologi ibu hamil. Oleh karena itu, tetaplah berada di sekitar orang-orang yang memiliki pemikiran positif.
     
  5. Saat sedang sendiri, Anda bisa melakukan interaksi dengan buah hati Anda yang masih berada di dalam rahim. Seiring berjalannya waktu, ia mulai bisa merespon suara, sentuhan dan cahaya di luar kandungan. Anda bisa mengajaknya bicara, mengelus perut Anda, membacakan buku cerita, mengajaknya bermain cahaya lampu senter atau mendengarkan musik.
Respon yang ia berikan bisa berupa pukulan, tendangan atau yang lainnya. Untuk membantu menghitung gerakan-gerakan tersebut, Anda bisa menggunakan gelang keroncongan yang dipindahkan dari tangan kanan ke kiri setiap Anda merasakan gerakan janin Anda.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!