Sabtu, 26 Agustus 2017

Kenali 5 Fakta Aktivitas Menarik Si Kecil di dalam Rahim

Kenali 5 Fakta Aktivitas Menarik Si Kecil di dalam Rahim
Kenali 5 Fakta Aktivitas Menarik Si Kecil di dalam Rahim
Mengandung merupakan pengalaman yang sangat berharga dan membanggakan bagi calon ibu. Selama setidaknya 40 minggu, ia ditemani oleh calon buah hati. Penantian memang terasa lama, apalagi pada kehamilan pertama.

Pengetahuan dan pengalaman yang kurang dapat membuat seorang ibu merasakan kekhawatiran tersendiri. Akan tetapi, merasakan bahwa sedang tidak sendiri tentu menyenangkan. Terlebih lagi, ada banyak fakta menakjubkan yang perlu Anda ketahui saat si kecil masih di dalam rahim.

Selama mengandung, ibu diharuskan untuk selalu memeriksakan kandungannya. Di samping untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan janin, melalui pemeriksaan seperti USG, ibu bisa melihat aktifitas janinnya di dalam kandungan.

Setiap minggunya tentu ada perubahan yang menakjubkan dan memberikan kebahagiaan tersendiri bagi ibu. Ingin tahu aktifitas menarik apa yang dilakukan si janin saat masih berada di dalam rahim?
  1. Di minggu ke-16, janin mulai bisa menikmati rasa. Tentu aktifitas ini berbeda dari yang dilakukan oleh si ibu. Bayi mengecap air ketuban dan mulutnya bergerak seolah sedang belajar menghisap. Inilah awal dari masa dimana si kecil mulai bisa menikmati sensasi rasa dan mulai berkembang. Aktifitas menarik ini dapat dilihat melalui monitor saat pemeriksaan USG.
  2. Melihatnya berkembang dengan baik di dalam kandungan tentu memberikan perasaan bahagia bagi si ibu. Memasuki trimester kedua, ia sudah mampu merasakan sentuhan di kulitnya. Sentuhan bibir di perut Anda akan direspon si janin seolah ia membuka mulutnya untuk menghisap. Tangannya juga bergerak seperti menggenggam saat perut si ibu disentuh dengan tangan. Respon-respon alami tersebut menunjukkan bahwa indera peraba janin sudah mulai peka.
  3. Pernahkan Anda mendengar pendapat bahwa memperdengarkan musik klasik ke janin yang masih di dalam kandungan dapat memberikan dampak positif pada perkembangan kecerdasannya? Meskipun belum lahir, pada usia kehamilan yang memasuki 24 bulan, indera pendengaran calon buah hati mulai berkembang.

    Ia mulai peka dengan suara yang ada di luar rahim ibunya. Oleh karena itu, sangat baik bagi ibu untuk terus mengajaknya ngobrol seperti dengan mengatakan betapa bahagia dan bangganya ibu bisa menjaga dan membesarkannya. Rasakan bagaimana ia merespon. Selain itu, janin juga bisa mendengar detak jantung ibunya, suara bising usus besar dan air ketuban. Tidak hanya untuk suara positif, bayi yang masih di dalam kandungan juga akan memberikan respon pada suara yang ia tidak suka.
     
  4. Suasana di dalam rahim itu gelap, tetapi janin bisa membedakan rangsangan cahaya dari luar tubuh si ibu. Ia akan memberikan respon apabila ada cahaya yang disorotkan tepat ke arah wajahnya.
     
  5. Selain respon terhadap cahaya, suara dan rasa, calon buah hati juga bisa merasakan ketegangan yang dialami oleh ibunya. Beban psikologis dan tekanan mental yang dirasakan ibu akan mempengaruhi janinnya. Ia bisa stress juga dan responnya akan buruk seperti konstraksi yang bisa memicu kelahiran prematur atau ketubannya pecah.
Bagaimana? Sudah tidak sabar untuk menyaksikan sendiri aktifitas-aktifitas menarik dari si buah hati? Tentunya Anda harus memperhatikan kesehatan sendiri dan si janin. Penuhi asupan gizinya dan jaga suasana hati dan pikiran, serta jaga keharmonisan hubungan Anda dan suami untuk menghindari pertengkaran yang akan mempengaruhi kondisi kesehatan janin.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!