Minggu, 27 Agustus 2017

Gerakan Senam Hamil di Dalam Air

Pada masa kehamilan, pada umumnya wanita akan mengalami beberapa keluhan. Salah satu keluhan yang sering dialami oleh wanita hamil adalah sakit punggung dan sakit panggul.

Kondisi ini terjadi karena ukuran perut yang berubah menjadi semakin besar seiring pertumbuhan janin dalam kandungan. Selain itu, rasa sakit akan semakin bertambah yang berdampak pada terganggunya aktivitas dan kualitas tidur anda.

Untuk itu, ibu hamil sangat disarankan agar tetap melakukan kegiatan olahraga ringan misalnya dengan melakukan senam seperti senam air yang khusus untuk ibu hamil.

Senam air merupakan bagian dari senam hamil yang sangat baik dilakukan untuk menjaga stamina anda selama masa kehamilan.

Senam air ini dapat dilakukan di kolam renang yang didesain khusus bagi ibu hamil. Senam air sangat bermanfaat untuk membuat tubuh anda tetap sehat dan bugar selama hamil. Senam air ini juga dapat mengurangi risiko cedera pada ibu hamil karena tidak memberikan beban yang berlebihan pada tulang dan sendi anda.

Hal ini dikarenakan air dapat memberikan tekanan yang optimal pada otot sehingga dapat membantu memperkuat ketahanan otot pada ibu hamil.

Selain keluhan-keluhan yang telah disinggung di atas, ada beberapa keluhan lain yang sering dialami oleh ibu hamil.

Misalnya perubahan mood dan menurunnya emosi yang disebabkan karena hormon dalam tubuh berubah, serta rasa lelah dan kecemasan yang dirasakan selama masa kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil sangat disarankan untuk mengikuti senam hamil agar badan menjadi lebih segar dan bugar. Agar senam hamil lebih mengasyikkan, anda dapat memilih melakukan senam air.

Berikut ini ada beberapa gerakan yang bisa anda lakukan di dalam air maupun kolam renang:

1. Gerakan Floating Frog

Dalam melakukan gerakan ini, anda membutuhkan alat yang disebut pool noodle. Caranya dengan memasangkan pool noodle ini pada punggung bagian belakang kemudian ditarik melalui sela-sela pada tangan anda ke depan.

Anda dapat menempelkan kedua kaki anda lalu sandarkan tubuh anda pada pool noodle dan tarik kaki anda ke dalam air dengan menghembuskan nafas. Setelah itu, luruskan kedua kaki anda sambil menghirup udara. Gerakan floating frog ini hampir mirip dengan gerakan katak yang sangat bermanfaat untuk memperkuat bagian pundak, bokong, paha dan lengan anda.

2. Gerakan Cross Cauntry Ski

Untuk melakukan gerakan ini, pertama-tama anda harus berdiri dengan sedikit membungkuk, kemudian ayunkan kaki kanan anda ke bagian depan dengan lutut yang ditekuk. Sementara itu kaki kiri anda mendorong ke arah belakang. Setelah itu ayunkan kedua tangan anda berlawanan dengan arah kaki anda. Inti dari gerakan ini adalah seperti berjalan dalam air. Gerakan ini sangat bermanfaat untuk memperkuat pundak, bokong, kaki dan betis anda.

3. Gerakan Pendulum Cross

Sama dengan gerakan-gerakan sebelumnya, gerakan Pendulum cross ini sangat bermanfaat untuk memperkuat pundak, lengan, bokong dan paha anda. Gerakan ini dapat dilakukan dengan berdiri dan kedua tangan diletakkan di pinggul, kemudian dorong perut anda ke atas dan ke bawah. Ayunkan kaki kanan anda ke samping kiri dan kanan anda. Ayunkan pula kedua tangan anda ke arah yang berlawanan dengan kaki anda. Anda dapat melompat-lompat kecil dengan kaki kiri sebagai tumpuan.

Itulah beberapa gerakan senam air yang mudah untuk dilakukan. Jika anda merasa takut untuk melakukan gerakan-gerakan tersebut, anda bisa meminta bantuan instruktur atau pasangan anda untuk mendampingi anda.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!