Rabu, 26 Juli 2017

Latihan-latihan Menjelang Persalinan

Bukanlah rahasia bahwa persalinan normal menyebabkan rasa sakit dan nyeri yang teramat sangat pada ibu.Pada beberapa ibu, penderitaan saat persalinan bisa begitu hebat dan waktunya juga bisa begitu panjang hingga mencapai waktu lebih dari 8 jam.

Beberapa ibu yang takut pada rasa sakit itu memilih operasi untuk menghindari rasa sakit atau meminta pereda sakit.Namun, persalinan normal merupakan salah satu pengalaman luar biasa karena hanya wanita yang bisa mengalaminya.Untuk bisa merasakan lengkapnya menjadi seorang ibu dengan melahirkan secara normal tetapi tanpa penderitaan berlebih, ada beberapa latihan prenatal yang bisa membantu. Latihan prenatal tersebut bertujuan menguatkan otot-otot panggul dan otot lain sehingga pada persalinan, sirkulasi darah terlindungi dan kram pada otot bisa dihindari.

Latihan prenatal sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan, tetapi tentunya anda harus berhati-hati agar tidak melakukan gerakan yang salah sehingga membahayakan kandungan. 

Berikut ini adalah latihan prenatal yang bisa anda lakukan:
  • Latihan Kegel
Latihan ini adalah salah satu latihan yang cukup dikenal di kalangan ibu hamil. Manfaat dari latihan ini adalah mempercepat proses persalinan. Manfaat lainnya adalah membantu menghindari terjadinya ambeien, pembekuan darah, dan episiotomi atau robekan perineum.Dengan latihan kegel secara teratur, otot rahim dan perut menjadi lebih kuat. Otot panggul dasar juga semakin kuat sehingga akan lebih mudah untuk mendorong janin saat melahirkan.

Selain membantu persalinan, latihan kegel bisa membantu ibu mengontrol kandung kemih selama kehamilan sehingga tidak terganggu dengan keinginan berkemih yang berlebih. Latihan kegel dilakukan dengan cara melatih otot daerah kewanitaan dan dubur. Caranya cukup sederhana yaitu dengan menarik otot kewanitaan dan dubur lalu menahannya beberapa detik.Setelah itu, tarikan dilepaskan kembali.Latihan ini sebaiknya dilakukan beberapa kali setiap harinya yaitu sekitar 10 sampai 20 kali.
  • Latihan pada Panggul
Panggul merupakan bagian penting dalam persalinan sehingga harus dilatih untuk menguatkannya. Jika panggul kuat, proses persalinan akan menjadi lebih mudah untuk ibu. Latihan yang bisa dilakukan untuk melatih panggul ini adalah memposisikan diri pada posisi merangkak.Gunakan dua siku untuk menahan berat badan.

Tarik otot dubur secara perlahan dan tahan posisi tersebut selama beberapa detik.Lepaskan tarikan secara perlahan dan ulangi beberapa kali.Untuk kenyamanan selama latihan, gunakanlah kasur lantai.Dengan melakukan latihan ini, sistem aliran darah pada panggul daerah bawah akan meningkat sehingga baik bagi janin. Sakit punggung yang sering dialami wanita hamil juga bisa dikurangi dengan melakukan latihan ini.
  • Latihan Jongkok
Nama latihan ini sangat sederhana sesederhana latihan yang dilakukan.Yang harus anda lakukan hanyalah berjongkok.Manfaat yang bisa didapatkan adalah memperkuat otot panggul, memperkuat otot paha, membantu gerakan janin menuju jalan lahir, danmembuka panggul dan area kewanitaan sehingga lebih kendur dan siap untuk persalinan.

Berjongkok mungkin memang sangat sederhana, tetapi kondisi hamil sangatlah berbeda dari kondisi tidak hamil.Sebaiknya anda mencari tempat berpegangan sehingga anda bisa mempertahankan keseimbangan selama melakukan jongkok dan berdiri.Anda bisa menggunakan meja, kursi, atau meminta seseorang seperti suami atau saudara untuk membantu anda.
  • Latihan Penjahit Duduk
Latihan ini cukup sederhana yaitu dilakukan dengan posisi kaki bersila.Anda dapat melakukannya setiap hari sebagai bagian dari kegiatan sehari-hari.Manfaat dari latihan ini adalah menjaga kelenturan kaki sehingga dalam persalinan kaki menjadi nyaman. Dengan latihan ini, tubuh juga akan siap untuk melahirkan dengan normal.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!