Rabu, 01 November 2017

7 Cara Mengecilkan Perut Setelah Persalinan Normal

7 Cara Mengecilkan Perut Setelah Persalinan Normal
7 Cara Mengecilkan Perut Setelah Persalinan Normal
Menjadi ibu hamil memang sangatlah istimewa. Bukan hanya karena bisa merasakan rasa pegal dan berat saja dengan bayi yang berada di dalam perut, namun juga rasa sakit ketika melahirkan. Bagi ibu hamil, kondisi seperti itu merupakan kondisi istimewa yang membuat kodratnya sebagai seorang perempuan terasa semakin sempurna.

Namun, ketika masa melahirkan berakhir dan masa menyusui juga selesai, kondisi istimewa itu berubah menjadi kekhawatiran karena badan yang tidak kunjung kembali ke bentuk semula. Biasanya bentuk badan yang sangat jelas perubahannya yaitu pada perut dan pinggul, bentuknya akan terlihat lebih besar dibandingkan sebelum hamil dan melahirkan. Belum lagi keadaan ini ditambah dengan keadaannya yang kendor dan tidak kencang.

Bagi para ibu yang mengalami hal ini tidak usah khawatir. Perut maupun pinggul yang besar dan kendor bisa dikembalikan ke bentuk semula yaitu kembali langsing dan kencang. Hanya perlu diingat bahwa prosesnya memerlukan waktu dan tidak instan.  

Berikut ada 7 cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan badan khususnya perut setelah melahirkan.
  1. Lakukan pola hidup sehat dengan memperhatikan pemilihan makanan. Perhatikan agar memilih makanan yang kadar lemak serta kalorinya rendah. Apabila ibu masih dalam keadaan menyusui, jangan khawatir ini akan mengurangi nutrisi pada bayi. Karena, yang ibu pilih adalah makanan sehat dan yang dibatasi hanya jenis makanan yang mengandung lemak dan kalori tinggi saja.
  2. Beruntung bagi para ibu yang memilih memberikan ASI kepada bayinya. Menyusui merupakan salah satu cara dalam mengembalikan kembali bentuk tubuh ideal ibu. Selain karena dengan memberikan ASI kebutuhan gizi seimbang bayi terpenuhi, memberikan ASI juga dapat mengurangi kalori ibu. Per harinya, kalori akan berkurang hingga 5000 kalori.
  3. Minum air putih minimal 8 gelas sehari bagi kesehatan setiap orang sangat penting. Termasuk untuk para ibu yang ingin kembali mendapatkan bentuk tubuh idealnya setelah melahirkan. Selain sebagai salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tidak mengalami dehidrasi, air putih juga dapat membersihkan saluran pencernaan dalam tubuh dari berbagai jenis penyakit atau pun zat racun yang membahayakan tubuh.

    Air putih akan membuat ibu merasa lebih kenyang sehingga akan menahan rasa ingin ngemil ataupun makan terus. Sistem pencernaan pun akan mengeluarkan air lebih banyak karena konsentrasi sodium di dalam tubuh dicairkan
     
  4. Latihan rutin lainnya untuk meltih otot perut ini adalah dengan shoulder lift. Ibu cukup terlentang pada matras, kemudian tekuk kaki dan telapaknya hingga menyentuh lantai. Nafas dihembuskan bersamaan dengan mengkontraksikan gerakan pada otot perut. Angkat juga kepala serta pundak. Setelah menahan gerakan ini beberapa detik, kepala serta pundak diturunkan perlahan.
     
  5. Latihan melatih otot agar kembali menjadi kencang ini biasanya untuk otot perut. Latihannya sangat gampang karena hanya perlu dilakukan dengan duduk, berbaring, maupun berdiri. Perut tinggal ditarik ke bagian dalam dengan mengkontraksikannya pada bagian otot perut. Tahan gerakan ini selama beberapa menit. Latihan ini akan terasa perubahannya jika dilakukan secara teratur.
     
  6. Tidak perlu olahraga yang berat dalam proses mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan ini. Olahraga yang perlu dilakukan hanya olahraga yang bersifat ringan saja. Namun, olahraga ringan ini sebisa mungkin dilakukn secara teratur. Otot yang kendor, dengan olahraga teratur ini bisa kembali menjadi kencang seperti semula.
     
  7. Tidak makan berlebihan. Usahakan agar ibu makan dengan porsi yang sedikit saja setiap harinya namun dilakukan dengan sering dan tidak menunggu rasa lapar tiba. Pola makan seperti ini dapat membantu mengntrol lemak dan kalori yang masuk ke dalam tubuh agar tidak menumpuk.
Kegiatan-kegiatan latihan ini merupakan hal yang aman pasca ibu melahirkan. Namun, ada baiknya jika ibu mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, mengingat setiap kondisi setiap ibu pasca melahirkan berbeda-beda.
Latest
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!