Rabu, 11 Oktober 2017

Tips untuk Menghindari Kelelahan Menjelang Persalinan

Menjelang persalinan, banyak sekali yang harus dipersiapkan oleh ibu hamil. Mulai dari segi mental maupun fisik. Usia kehamilan ketika memasuki tri semester akhir ini merupakan usia dimana ibu hamil benar-benar sering dirundung kecemasan karena rasa khawatir dan bahagia semuanya menjadi satu. Secara fisik, di usia ini bentuk badan ibu hamil juga semakin membesar begitu juga dengan bobot bayinya. Tidak jarang ibu hamil mengalami kelelahan.

Walaupun jenis kelelahan ini termasuk gejala normal, namun ada baiknya jika kelelahan ini dikurangi agar tidak terjadi kelelahan berlebih. Menjelang persalinan, fisik ibu harus dipersiapkan agar tidak lelah dan secara mental juga ibu hamil rileks. Berikut beberapa tipsnya.
  1. Cukupi kebutuhan makanan yang dapat menghindarkan ibu hamil dari kelelahannya. Hindari makanan yang memiliki kandungan gula tinggi, apalagi jika itu termasuk ke dalam gula buatan. Pilihlah makanan mengandung gula yang kandungan gulanya alami.

    Makanan dengan kandungan gula alami ini biasanya terdapat pada buah-buahan yang segar serta mengandung kadar air yang banyak. Manfaatnya untuk tubuh ibu hamil adalah tubuhnya tetap bugar dan segar. Ada juga makanan penghilang rasa lelah lain untuk ibu hamil yaitu kentang yang dikukus.
     
  2. Memperhatikan jam istirahat khususnya ketika malam merupakan salah satu cara dalam menjaga kebugaran tubuh ibu hamil. Tidak baik ketika jika ibu hamil bekerja hingga larut malam dan istirahat di atas jam 10 malam. Untuk itu, menghindari pekerjaan hingga larut malam selama masa kehamilan khususnya di tri semester akhir usia kehamilan diharuskan. Memasuki pukul 10 malam, merupakan jam maksimal ibu hamil untuk segera beristirahat tidur.
     
  3. Selain istirahat malam hari, istirahat di siang hari pun diperlukan. Bagi yang masih bekerja saat hamil, ketika memasuki usia tri semester akhir atau bulan terakhir khususnya, pasti mendapatkan cuti hamil atau melahirkan. Manfaatkan masa cuti ini dengan istirahat cukup di siang hari. Bukan hanya dengan tidur siang saja namun juga untuk rileksasi.

    Caranya sendiri mudah, ibu hamil tidak perlu memaksakan diri untuk tidur siang jika tidak mengantuk. Cukup berbaring dan pejamkan mata saja sampai kira-kira 20 menit dengan pikiran dibuat tenang dan nyaman.
     
  4. Lakukan latihan yang dikhususkan bagi ibu hamil. Latihan tersebut di antaranya senam hamil dan beberapa latihan lainnya seperti berjalan dan berenang yang dapat membantu mengatasi kelelahan. Namun, selain jenis olahraga tersebut, yoga dan pilates juga menjadi olahraga yang disarankan. Olahraga ini mempunyai fungsi selain mengatasi kelelahan pada ibu hamil, juga dapat menstabilkan kondisi kesehatan ibu hamil. Mulai dari menstabikan emosi serta keseimbangan tubuhnya, juga dapat menambah energi.
     
  5. Kurangi rasa ketakutan yang menghantui tentang proses persalinan. Karena, kelelahan bukan hanya terjadi pada fisik ibu hamil menjelang waktu persalinannya, melainkan secara psikologis atau emosional ibu hamil juga sering merasa kelelahan. Biasanya kelelahan secara emosional ini karena ibu hamil diselimuti ketakutan akan proses persalinan.

    Selain dengan selalu berpikir positif akan proses persalinan tersebut, dukungan dari keluarga khususnya suami adalah yang dapat menenangkan ibu hamil dalam kondisi seperti ini. Sehingga, teratasinya kelelahan fisik berlebih pada ibu hamil ini, didukung juga oleh tenang dan nyamannya psikologinya untuk mendukung lancarnya proses persalinan.
     
  6. Cairan tubuh saat hamil, apalagi ketika usia kehamilan sudah dekat dengan waktu kelahiran harus selalu terpenuhi kebutuhannya. Kebutuhan cairan tubuh pada ibu hamil ini dua kali lipat lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan yang tidak hamil, termasuk di dalamnya kebutuhan vitamin dan mineralnya. Selain untuk memenuhi kebutuhan bayi yang sedang berkembang, cairan tubuh serta vitamin dan mineral ini bertujuan agar ibu hamil tidak mengalami dehidrasi dengan tubuh tetap bugar dan fresh serta pencernaannya lancar.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!