Kamis, 05 Oktober 2017

Tips Persiapan Mental Menjelang Persalinan

Wanita mana yang tidak bahagia ketika dirinya dinyatakan hamil. Itu tandanya, kesempurnaan wanita dimana kodratnya sebagai seorang ibu akan segera terjadi dalam hidupnya. Menjaga kesehatan dirinya dan bayi dalam kandungannya merupakan salah satu upaya yang ibu hamil lakukan untuk mensyukuri kehamilannya.

Membuat bayi nyaman dalam kandungan pun tidak jarang dilakukan oleh ibu hamil bahkan suami untuk selalu berkomunikasi lewat ajakan bicara maupun elusan pada perut sang ibu.

Kehamilan pertama merupakan anugerah bagi para wanita serta hal membahagiakan dalam hidup begitu juga menjalaninya. Namun, ketika usia kehamilan semakin bertambah dan masa melahirkan segera datang, kebahagian itu akhirnya bercampur dengan rasa lain berupa was-was, cemas, dan khawatir.

Bukan tidak mungkin rasa cemas berlebih ini akhirnya mempengaruhi mental ibu hamil. Padahal selain fisik, mental merupakan hal yang penting yang harus disiapkan oleh ibu hamil menjelang kelahiran bayinya.

Rata-rata kecemasan ini datang karena ketakutan akan proses melahirkan dan takut akan rasa sakitnya. Belum lagi pikiran jika ibu hamil ini tidak bisa melahirkan secara normal. Untuk menyiapkan mental ini, ibu hamil sebisa mungkin harus melakukan beberapa kegiatan yang dapat menenangkan pikirannya serta mempersiapkan tubuhnya untuk proses kelahiran nanti.

Senam hamil merupakan salah stau olahraga untuk membantu ibu hamil mempersiapkan mental dan fisiknya. Beberapa gerakan dalam senam hamil diperuntukan bagi otot-otot yang dapat membantu kelancaran proses kelahiran, sehingga ini membantu proses menyiapkan fisik ibu hamil ini. Selain itu, latihan mengatur pernafasan pun diberikan dalam senam hamil ini.

Mengenai kesiapan mentalnya, melalui senam hamil ibu hamil juga akan diberikan gerakan yang membawanya lebih rileks, tenang, dan nyaman. Sehingga kondisi emosionalnya akan lebih stabil.

Senam hamil baik dilakukan ketika usia kandungan memasuki usia tri semester akhir. Di usia ini, biasanya ibu hamil dengan bobot tubuhnya yang semakin berat akan lebih banyak mendapatkan rasa pegal dan lelah. Sehingga, dengan senam hamil dan beberapa gerakan latihannya dapat mengurangi rasa pegal dan lelah ini. Namun, di samping melakukan olahraga senam hamil ini, ibu hamil tetap harus memperhatikan asupan gizinya agar bayi dan ibu tetap sehat hingga waktu proses kelahiran datang.

Berikut ini bisa dipelajari cara-cara agar ibu hamil dapat mempersiapkan mentalnya di waktu persalinannya yang semakin mendekat.
  1. Pemikiran positif yang paling menguatkan mental sang ibu adalah dengan membayangkan malaikat kecil dalam rahimnya tersebut. Jauhkan pikiran akan rasa takut tersebut dengan membayangkan bahwa bayi yang hidup dalam rahim selama sembilan bulan tersebut akhirnya akan bisa ibu lihat wajahnya. Bayi tersebut akan membawa kebahagian bagi seluruh keluarga sehingga ibu ingin cepat melahirkannya ke dunia. Pemikiran positif akan bayi inilah yang akhirnya akan meluluhkan rasa takut itu secara perlahan.
  2. Latihlah kesiapan mental. Beberapa masalah kesiapan mental jelang kelahiran yang harus dihadapi khususnya oleh ibu hamil yang baru mendapatkan kehamilan pertamanya adalah rasa takut dan malu. Para ibu dengan kehamilan pertamanya ini biasanya banyak berpikir tentang ketakutan karena melahirkan merupakan pertaruhan nyawa, rasa sakit yang pasti tidak akan ada yang menandingi. Apalagi, kelahiran bayi juga merupakan rahasia dimana bisa saja bayi terlahir tidak sempurna, sehingga ketakutan semakin melanda para ibu hamil ini. Belum lagi rasa malu yang menyertai karena akan berhadapan dengan tenaga medis.
  3. Singkirkan rasa takut dengan mulai melatih mental. Rasa ketakutan ini wajar dan wajar pula untuk dikatakan oleh ibu hamil pada suaminya. Sehingga tugas suami adalah memberi dukungan serta pemikiran-pemikiran positif yang dapat menenangkan sang istri. Apabila diperlukan, maka ikutilah kelas khusus yaitu antenatal untuk mempersiapkan mental ibu hamil jelang melahirkan.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!