Senin, 02 Oktober 2017

Mammesia, Jadi Sering Lupa saat Hamil

Pernah mendengar istilah amnesia? Kata ini sering digunakan untuk menggambarkan seseorang yang mengalami hilang ingatan. Tahukah Anda bahwa saat hamil, Anda juga bisa mengalami hal yang serupa? Tidak perlu khawatir.

Kondisi tersebut masih terbilang normal dan biasa dialami oleh ibu hamil. Anda akan mengalami kesulitan konsentrasi dan menjadi pelupa. Gejala ini di sebut mammesia, mommy brain atau pregnancy brain.

Mammesia adalah gabungan dua kata, yaitu mama dan amnesia yang di artikan sebagai gejala umum yang di alami ibu hamil dan di sebabkan oleh perubahan hormon serta penyusutan sel-sel otak ke ukuran terapat saat kehamilan memasuki usia trimester akhir.

Kondisi ini akan berangsur-angsur memulih setelah melahirkan. Ukuran sel-sel otak membesar pada 2 minggu paska persalinan dan akan kembali normal beberapa kemudian. Namun, kadang ada ibu yang baru pulih dari gangguan mammesia setelah bayinya menginjak usia 2 tahun atau bahkan lebih lama.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang hal ini, apalagi kalau ingin mengkonsumsi suplemen tertentu dengan tujuan membantu meningkatkan daya ingat. Tetapi biasanya dokter tidak menyarankan hal tersebut. Sebagai alternatif, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gejala pregnancy brain:
  1. Simpan barang-barang yang penting di satu tempat, contohnya dompet, kunci dan handphone.
  2. Fokuskan pikiran ke hal-hal yang penting. Anda perlu membuat prioritas. Apabila ada banyak tugas yang harus dilakukan, bagilah dengan orang lain.
  3. Lakukan pencatatan secara rutin atau menyiapkan buku catatan dan simpan di tempat yang paling mudah diingat. Gunakan buku tersebut untuk mencatat hal-hal penting seperti janji bertemu seseorang, nomor telepon penting, jadwal mengkonsumsi vitamin serta pertanyaan-pertanyaan yang ingin Anda tanyakan ke dokter pada saat kunjungan periksa berikutnya.
  4. Saat berusaha untuk mengingat sesuatu, ada baiknya tenangkan pikiran terlebih dahulu. Cobalah pelan-pelan membayangkan kejadiannya. Misalnya saat Anda lupa nomor telepon suami, bayangkan Anda sedang menekan nomor tersebut.
  5. Mungkin Anda berpikir bahwa suplemen otak bisa membantu. Akan tetapi, selama mengandung sebaiknya Anda tidak mengkonsumsinya. Anda harus berkonsultasi dulu dengan dokter.
  6. Istirahat yang cukup merupakan hal wajib bagi ibu hamil. Perbanyaklah jadwal tidur Anda. Mungkin Anda kesulitan untuk melakukannya, akan tetapi harus diusahakan.
Gejala mammesia memang cukup mengganggu, apalagi kalau orang-orang di sekitar Anda kurang memahami keadaan tersebut. Misalnya saja Anda sering lupa dimana menaruh kunci dan dompet, padahal baru saja menggunakannya beberapa menit sebelumnya.

Kemungkinan yang lain adalah Anda lupa telah membuat janji untuk bertemu seseorang, lupa arah jalan pulang, bahkan tidak ingat juga nama suami, anggota keluarga yang lain atau nama Anda sendiri. Kondisi ini sendiri biasanya terjadi pada usia kehamilan trimester kedua serta ketiga.

Keadaan mental ibu hamil mengalami gangguan dengan ditandai kesulitan mengingat dan berpikir logis. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi Anda untuk selalu memiliki buku catatan sendiri dan mencatat hal-hal yang menurut Anda penting.

Tempatkan di tempat yang mudah diingat, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukannya. Selain itu, pastikan orang di sekitar, terutama suami dan keluarga dekat serta teman, mengetahui tentang kondisi mammesia.

Dengan begitu, akan selalu ada seseorang yang bisa mengingatkan Anda saat Anda melupakan sesuatu. Apabila bepergian, sebaiknya Anda mengajak teman. Ini untuk menghindari situasi dimana Anda tiba-tiba lupa jalan pulang ke rumah.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!