Minggu, 29 Oktober 2017

Kiat Merangsang IQ Tinggi Pada Bayi Sejak di Dalam Kandungan

Kiat Merangsang IQ Tinggi Pada Bayi Sejak di Dalam Kandungan
Kiat Merangsang IQ Tinggi Pada Bayi Sejak di Dalam Kandungan
Orang tua mana yang tidak menginginkan anaknya menjadi anak yang cerdas? Tentu semua orang tua mendambakan hal tersebut. Anaknya tidak hanya tumbuh aktif dan sehat, tetapi juga memiliki IQ yang tinggi. Namun, bagaimana kalau keinginan tersebut tidak terwujud? Apakah orang tua berhak menyalahkan si anak? Tentu saja tidak.

Kecerdasan seorang anak ternyata bisa ditumbuh kembangkan. Dalam proses tersebut, orang tua terutama ibu memiliki peranan yang sangat penting. Meningkatkan kecerdasan anak dapat dimulai saat ia masih berada di dalam kandungan.

Jadi, sangatlah tidak benar apabila nanti si anak disalahkan oleh orang tua karena ia memiliki IQ yang rendah. Kecerdasannya harus menjadi perhatian si ibu sejak ia masih dikandung. Janin tidak hanya membutuhkan asupan nutrisi yang cukup, tetapi juga perlu diberikan beberapa stimulasi untuk menjadi cerdas. Walaupun belum terlahir, ternyata bayi di dalam kandungan sudah mampu menyerap latihan yang diberikan melalui stimulasi kecerdasan yang diberikan oleh si ibu. Ia bisa merasakan apa yang dirasakan oleh ibunya.

Selain itu, seiring perkembangannya di dalam rahim, ia juga menjadi peka terhadap rangsangan suara maupun cahaya di luar perut ibu. Lalu, bagaimana cara untuk melakukannya? Berikut adalah beberapa hal yang bisa dilakukan oleh ibu hamil:
  • Mengajak janin berbicara. Pada usia kehamilan yang memasuki 23 minggu, janin sudah memiliki kemampuan pendengaran yang cukup baik. Ia dapat memberikan respon pada suara dan cahaya. Meskipun masih terbatas, ia bisa membedakan antara suara ibu dan bapak. Pada usia kehamilan tersebut, Anda bisa memberikan stimulasi dengan mengajaknya ngobrol. Selain itu, mendengarkan musik yang menenangkan atau alunan ayat suci Al Quran juga baik untuknya.
  • Mencukupi kebutuhan nutrisi. Tidak dapat dipungkiri bahwa asupan gizi yang cukup memberikan dampak yang positif pada tumbuh kembang janin selama di dalam kandungan, termasuk untuk kecerdasannya. Ibu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak omega 3 dan DHA yang tinggi dimana kedua nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk meningkatkan perkembangan otak janin secara optimal.

    Anda bisa memilih ikan tuna, salmon dan jenis ikan tawar. Konsumsi minyak ikan juga disaranakan. Untuk pemenuhan kebutuhan DHA, Anda bisa memilih daging unggas dan kuning telur.
  • Menstimulasi dengan gambar. Walaupun masih berada di dalam kandungan, ternyata janin sudah bisa memberikan respon pada apa saja yang dilihat oleh si ibu. Anda dapat melatih otak kecilnya dengan rangsangan melalui gambar. Untuk melatih otak kanannya, Anda bisa mengambil gambar, memotret atau memandang pemandangan alam dan membuatnya merasakan apa yang Anda rasakan.

    Apabila Anda merasa nyaman dan tenang saat melihat gambar tersebut, maka hal itu akan merangsang peningkatan IQ pada bayi di dalam rahim.
  • Merangsang menggunakan cahaya. Selain suara, janin juga peka terhadap cahaya redup yang didekatkan pada ibu. Untuk merangsangnya, pemberian cahaya harus dilakukan dengan bertahap. Cahaya yang terlalu terang sebaiknya dihindari karena akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi si janin. Ia mungkin akan menendang sehingga Anda bisa merasakan gerakan tersebut sebagai pertanda bahwa ia memberikan respon.
     
  • Pastikan untuk menghindari stres. Tidak hanya kondisi fisik, kondisi psikis ibu hamil juga harus dijaga. Salah satunya dengan menghindari stres. Latih tubuh dan pikiran agar tetap rileks dengan pelatihan prenatal atau yoga. Kalau Anda rileks, janin di dalam kandungan juga akan merasakan nyaman dan pertumbuhan kecerdasannya tidak terganggu.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!