Jumat, 29 September 2017

Tips Mencegah Datangnya Penyakit Di Musim Hujan Pada Ibu Hamil

Saat ini cuaca memang tidak pernah bisa ditebak setiap harinya bahkan setiap musimnya. Memasuk musim hujan pun setiap harinya akan disajikan cuaca yang berubah-ubah. Hari ini bisa jadi hujan dan besok bisa sangat panas, bisa juga jika pagi-pagi sudah hujan siangnya akan berhenti namun kembali hujan semakin deras.

Cuaca seperti inilah yang akhirnya akan menyerang tubuh untuk menurunkan daya tahannya. Jika pada orang biasa hal ini berakibat buruk kesehatan, sudah tentu bagi ibu hamil ini juga akan berpengaruh pada kesehatan ibu dan bayinya. Menurunnya daya tahan tubuh pada ibu hamil berpengaruh pada tumbuh kembang bayi.

Untuk itulah, sebisa mungkin hal ini perlu dicegah dengan cara yang tepat. Jenis penyakit yang dapat menyerang di musim hujan biasanya flu, infeksi dada, bronchiolitis, ataupun mual-mual dan muntah-muntah.

Flu atau pilek merupakan penyakit yang mudah menyerang pada ibu hamil di musim hujan. Ibu hamil mengalami kedinginan, pusing, nafsu makannya menurun, sampai batuk. Penyebab dari penyakit ini adalah terinfeksinya lapisan lunak pada hidung oleh virus penyakit tersebut.

Ketika ibu hamil mengalami penurunan kesehatannya tersebut, ibu hamil akan mengalami mual dan muntah, nyeri pada otot, serta kram pada bagian perut. Ibu hamil pun akan merasakan badannya lesu karena akan kehilangan banyak cairan.

Bronchiolitis dan infeksi pada dada merupakan salah satu penyakit yang harus diwaspadai oleh ibu hamil. Penyakit ini akan menyerang saluran pernafasan ibu hamil dan akhirnya mengalami kesulitan bernafas dengan dada yang nyeri serta sesak.

Berikut, beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai pencegahan penyakit agar tidak menyerang ibu hamil khususnya di musim hujan seperti sekarang ini.

1. Tangan merupakan bagian tubuh yang harus selalu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Hindari mencuci tangan dengan menggunakan air hujan. Tangan harus dicuci dengan air bersih dan juga sabun.

Bukan hanya menjelang atau sesudah makan saja, mencuci tangan sesering mungkin dilakukan setelah melakukan aktivitas lain seperti sesudah buang air, memegang kucing atau hewan peliharaan lainnya. Perlu diketahui, dalam air hujan terdapat kuman dan bakteri yang bisa menyebar khususnya pembawa penyakit diare.

2. Payung harus selalu disediakan ketika akan bepergian. Simpanlah selalu payung lipat di dalam tas. Membawa payung akan mengatasi masalah kehujanan saat bepergian sehingga tubuh terlindungi. Air hujan yang mengenai tubuh memiliki kandungan berbagai macam partikel dari polusi yang dapat menurunkan daya tahan tubuh.

3. Waktu untuk beristirahat harus cukup. Bukan hanya pada malam hari, di saat musim penghujan datang waktu istirahat yang dibutuhkan pun lebih banyak. Siang hari merupakan waktu dimana aktivitas dilakukan.

Sediakanlah waktu walaupun hanya 20 aau pun 30 menit untuk mengistirahatkan tubuh sejenak dari aktivitas. Jangan sampai terjadi kelelahan dan kesehatan akhirnya menurun. Beristirahat walaupun sejenak akan mengembalikan kebugaran badan dan merilekskannya kembali.

4. Hangatkan tenggorokan ibu hamil dengan lemon hangat yang dicampur madu. Minuman hangat ini akan menghindarkan ibu hamil dari serangan flu yang bisa membuat ibu hamil pusing dan lesu. Meminum minuman ini pun akan membuat tenggorokan menjadi hangat.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!