Minggu, 03 September 2017

Tips Melakukan Stimulasi Menyenangkan Sesuai Usia Janin

Memiliki anak yang cerdas serta pintar tentunya menjadi impian setiap orang tua. Bagi anda yang menginginkan anak yang cerdas dan pintar, maka salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan memberikan stimulasi sejak dari dalam kandungan.

Stimulasi pada janin dalam kandungan sesuai dengan usia kehamilan dipercaya oleh banyak ahli dapat membantu menstimulasi pembentukan sel – sel otak. Jika sel – sel otak terbentuk lebih banyak, maka tentu saja jaringan otak pada janin dapat tumbuh dengan maksimal dan hasilnya adalah anak yang dapat tumbuh dengan pintar dan cerdas di masa depan.

Manfaat lain dari stimulasi pada janin adalah dapat membentuk ikatan batin yang kuat antara si anak dengan ibu kandungnya. Untuk memberikan stimulasi tidak boleh dilakukan secara sembarangan, anda harus memperhatikan usia kehamilan sehingga stimulasi yang dilakukan bisa lebih maksimal.
Berikut ini adalah beberapa stimulasi yang bisa dilakukan berdasarkan usia kehamilan:
  1. Masa awal – awal kehamilan di bulan pertama stimulasi yang bisa anda lakukan adalah dengan menjaga asupan gizi agar selalu seimbang dan cukup. Hamil bukan berarti harus makan banyak namun makan dengan porsi yang dibutuhkan namun kandungan nutrisinya cukup untuk anda dan janin yang dikandung.
  2. Pada usia kehamilan yang memasuki 9 hingga 12 minggu biasanya janin sudah terbentuk hampir sempurna di dalam kandungan. Pada fase ini ibu hamil dapat memberikan stimulasi sentuhan maupun dengan mengajak bicara untuk meningkatkan ikatan emosi.
  3. Untuk janin yang telah berusia 17 hingga 20 minggu, anda bisa mulai memperdengarkannya musik klasik untuk menstimulasi kecerdasan serta emosinya.
  4. Usia kehamilan antara 21 hingga 24 minggu janin sudah bisa merespon dengan baik terhadap rangsangan cahaya. Anda bisa menstimulasinya dengan menggunakan senter di bagian perut untuk merangsang gerakan si jabang bayi. Janin yang aktif biasanya akan merespon cahaya dengan melakukan tendangan atau pukulan kearah perut si ibu hamil.
  5. Usia kandungan 25 hingga 28 minggu lakukan stimulasi gabungan yaitu antara mengajak bicara, stimulasi sentuhan, dan mendengarkan musik klasik untuk membuatnya tenang. Pada fase ini lakukan stimulasi secara teratur dengan jadwal yang sudah dibuat. Lakukan tiap fase stimulasi selama 30 menit dan lakukan stimulasi ini antara 2 hingga 3 kali dalam sehari untuk memperoleh hasil yang maksimal.
  6. Pada fase akhir kehamilan, semua indera si janin sudah terbentuk dengan sempurna sehingga mereka bisa merespon dengan baik hampir semua rangsangan atau stimulasi yang kita berikan. Menjelang waktu melahirkan berikan stimulasi suara dengan mengajak janin bicara. Bicaralah dengan nada yang positif dan menenangkan sehingga janin di dalam kandungan bisa lebih rileks hingga waktunya persalinan tiba.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!