Rabu, 20 September 2017

Tertekan Selama Kehamilan Menyebabkan Gangguan Perkembangan Janin

Sebagai seorang istri yang merencanakan kehamilan harus menyiapkan segala sesuatu pada dirinya baik secara mental maupun fisik. Karena tidak sedikit wanita hamil hanya mempersiapkan dirinya secara fisik tanpa memperhatikan secara baik akan kesiapan mentalnya.

Sudah dapat diprediksi jika pada wanita hamil akan mengalami perubahan fisik yaitu semakin membesarnya postur tubuh. Memang berbadan dua akan membawa seorang wanita dalam perubahan yang disebabkan oleh keberadaan janin didalam kandungannya.

Selain postur tubuh yang membesar wanita hamil akan mengalami berbagai masalah kesehatan karena jumlah hormon didalam tubuhnya yang tidak seimbang. Salah satu hal yang sering terjadi adalah mual dihamil muda kemudian terjadinya gangguan pencernaan susah BAB. Akan tetapi untuk menyiapkan diri secara mental disaat kehamilan juga tidak mudah untuk di tebak karena perubahan yang terjadi di setiap wanita tidaklah sama.

Keberadaan bayi didalam kandungan si ibu bisa mempengaruhi kondisi mental dan emosional ibu hamil. Ketika hal ini terjadi dan tidak diimbangi dengan keadaan keluarga yang harmonis si ibu hamil bisa mengalami tekanan pikiran atau stres.

Ketika ibu hamil mengalami tekanan pikiran perkembangan bayi didalam kandungan akan terganggu. Karena bayi yang sedang berkembang didalam rahim itu mampu merespon atau merasakan tentang pa yang dialami ibunya. Tekanan pikiran atau mental pada ibu hamil disebabkan oleh berbagai hal, berikut ini terdapat beberapa penyebab :

1. Larangan Orang Tua.

Umumnya para orang tua memberikan saran atau larangan – larangan sesuai dengan jaman dahulu. Jika seorang ibu hamil yang kurang memahami sehingga tidak bisa menerima secara baik tekanan pikiran akan terjadi.

2. Kesehatan Bayi Didalam Kandungan.

Pada umumnya wanita yang hamil selalu memiliki rasa khawatir dan cemas akan kesehatan bayi didalam rahimnya apalagi jika si ibu memiliki penyakit turunan. Hal ini akan menimbulkan kecemasan sehingga ibu mengalami tekanan pikiran.

3. Masalah Ekonomi.

Kelahiran si bayi akan membutuhkan sejumlah biaya sehingga meningkatkan jumlah kebutuhan. Pada saat persalinan membutuhkan biaya kemudian memenuhi beberapa perlengkapan bayi maupun kebutuhan lainnya. Hal ini menjadi salah satu penyebab stress pada ibu hamil.

4. Kesehatan.

Ketika seorang wanita sedang hamil akan mengalami perubahan fisik secara drastis karena adanya janin yang berkembang didalam rahim. Secara langsung berat badan si ibu akan mengalami kenaikan, dan seorang ibu yang khawatir dengan kenaikan berat badannya ini bisa mengakibatkan stretchmark seperti mual di waktu pagi maupun mengalami nyeri sendi.

Banyaknya kekhawatiran yang dialami oleh seorang ibu hamil akan menimbulkan resiko pada kelahiran bayinya. Seperti :
  • Akan beresiko dengan lahirnya bayi yang prematur sehingga memiliki berat badan sangat rendah.
  • Selain itu stress yang dialami oleh si ibu bisa menyebabkan keguguran pada kehamilannya. Dengan adanya berbagai resiko itu sudah seharusnya jika seorang wanita yang merencanakan kehamilan harus mempersiapkan secara mental.
  • Kesehatan ibu yang terganggu
  • Bayi kemungkinan mengalami autism
  • Bayi terlahir cacat
Dengan mengetahui penyebab dan resiko akan terjadinya stres diwaktu hamil bisa dijadikan sebagai acuan dalam menjaga kesehatan ibu juga bayi didalam kandungannya. Kehamilan tidak seharusnya dikuasai dengan tekanan pikiran yang membahayakan kesehatan si ibu maupun bayinya. Setelah mengetahui resiko dan penyebab kami akan memberikan sedikit tips untuk mengatasi stres selama kehamilan.
  1. Merencanakan semua hal yang akan dilalui selama 9 bulan secara berhati – hati dalam melakukan sesuatu.
  2. Rileksasikan pikiran selama masa kehamilan dengan bersantai maupun berolahraga khusus untuk ibu hamil. Karena ketika seorang ibu hamil mengalami stres dan tidak segera diatasi akan berakibat buruk terhadap kesehatan bayinya.
  3. Sangat disarankan untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh ibu hamil dengan menerapkan pola makan secara sehat yaitu dengan mengonsumsi sayur dan buah.
  4. Pertama ibu hamil harus berkomunikasi dengan suami akan kecemasannya sehingga tidak merasakan sendirian.
Jika seorang ibu hamil mengalami stres kronis harus dilakukan penanganan secara tepat. Karena ketika terjadi stres kronis dan tidak ditangani secara tepat akan memperburuk perkembangan janin didalam kandungan. Penuhi asupan nutrisi dari vitamin, mineral supaya kondisi tubuh tetap sehat. Karena ketika seorang ibu hamil memiliki kondisi kesehatan secara baik tekanan pikiran atau tidak mudah terjadi.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!