Jumat, 01 September 2017

Penyebab Susah Hamil Lagi

Penyebab Susah Hamil Lagi
Penyebab Susah Hamil Lagi
Bagi sebagian besar orang tua, satu anak tidaklah cukup sehingga mereka mengidamkan untuk memiliki anak lagi. Namun, beberapa ibu susah untuk hamil lagi. Untuk anda yang mengalaminya, persiapan perlu dilakukan sebelum berusaha untuk hamil kembali, termasuk mengerti apa yang menjadi penyebab sulitnya hamil untuk kedua kalinya.

Berdasarkan beberapa penelitian, ibu yang tidak kunjung hamil lagi setelah satu tahun berusaha,termasuk pada pasangan yang tidak menggunakan alat kontrasepsi dan hubungan seksual yang dilakukan cukup rutin yaitu antara 2-3 kali setiap minggunya bisa dinyatakan mengalami gejala infertilitas sekunder.

Infertilitas sekunder bisa disebabkan oleh beberapa hal, tetapi yang menjadi penyebab utamanya adalah usia ibu yang sudah tidak ideal dan menyebabkan sulit untuk mengandung kembali. Biasanya, ibu yang sudah memiliki satu anak merasa tidak ada masalah pada dirinya termasuk pada waktu-waktu yang akan datang sehingga tidak akan ada menjadi masalah jika ibu memberikan jarak antar kehamilan.

Bahkan ada beberapa ibu yang membuat jarak cukup jauh antara kehamilan pertama dengan usaha memiliki anak yang kedua. Yang menjadi masalah adalah rentang waktu tersebut membuat usia ibu terlalu tua untuk hamil. Semakin tua usia ibu, semakin tinggi resiko ibu akan mengalami masalah. Perlu diketahui bahwa setelah 35 tahun, kesuburan ibu akan menurun dengan cukup drastis.

Masalah kesuburan yang berhubungan dengan usia ibu dibuktikan dengan tingkat keberhasilan program bayi tabung yang dikategorikan berdasarkan usia ibu. Pada ibu yang melakukan program bayi tabung diusia kurang dari 30 tahun, tingkat keberhasilannya mencapai 30-50%. Pada ibu berusia 35 tahun, tingkat keberhasilan turun pada nilai 20-30%. Pada usia 40 tahun, tingkat keberhasilan jauh menurun sampai nilai 10%.

Masalah kesuburan pada pasangan baik dipihak pria maupun wanita mungkin saja telah terjadi sejak awal tetapi ada beberapa pasangan yang mendapatkan keberuntungan sehingga mereka tidak mengalami masalah untuk mendapatkan bayi pertama.

Tetapi, keberuntungan tidak terjadi pada usaha kehamilan yang kedua.Masalah kesuburan yang bisa terjadi adalah kualitas sperma pria yang tidak baik, penyumbatan saluran telur, dan masalah ovulasi pada wanita.

Beberapa penyebab umum rendahnya tingkat kesuburan pada wanita yang sebagian besar berhubungan dengan ovulasi adalah:
  1. Usia wanita. Saat usia mencapai 40 tahun, kualitas dan tingkat kesehatan sel telur wanita menurun. Oleh karena itulah infertilitas sering dihubungkan dengan faktor usia ibu.
  2. Kerusakan tuba atau saluran telur wanita. Infertilitas bisa disebabkan oleh peradangan yang terjadi pada saluran telur yang selanjutnya menyebabkan jaringan parut pada tuba atau penyumbatan. Peradangan tersebut sebagian besar disebabkan oleh penyakit menular seksual yang membuat infeksi.
  3. Endometriosis.Keadaan ini adalah endometrium atau jaringan pelindung rahim yang tumbuh diluar rahim.Endometriosis bisa memberikan pengaruh pada rahim, indung telur, dan fungsi sperma yang masuk.
  4. PCOS atau sindrom ovarium polikistik. Kondisi ini adalah sindrom yang menyebabkan produksi hormon androgen yang terlalu tinggi.Kondisi tersebut menyebabkan gangguan siklus menstruasi, masalah ovulasi, dan infertilitas pada wanita.
Menopause dini. Menopause adalah kondisi saat fungsi ovarium dan indung telur berhenti dan merupakan tanda folikel ovarium habis. Tanda menopause adalah terhentinya menstruasi.Seorang wanita bisa dinyatakan mengalami menopause dini jika telah mengalami menopause sebelum usia 40 tahun. Menopause dini terjadi karena beberapa hal.Pemicu menopause dini pada wanita yang cukup umum adalah terapi radiasi dan beberapa penyakit.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!