Jumat, 08 September 2017

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang Menderita Diabetes

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang Menderita Diabetes
Menjaga Kesehatan Ibu Hamil yang Menderita Diabetes
Perubahan kesehatan secara fisik dan psikis merupakan hal yang lazim dialami oleh seorang Ibu hamil.Perhatian dan pemeriksaan sangat diperlukan untuk mencegah perubahan ini menjadi hal yang mengganggu kehamilan kesehatan ibu dan janin.Demikian pula halnya dengan Ibu hamil yang menderita diabetes.

Perhatian terhadap kesehatan Ibu dan janin harus lebih gencar dilakukan. Ibu hamil yang menderita diabetes tipe 1 atau 2 harus menjalani pemeriksaan rutin yang khusus dilakukan untuk memeriksa dan mengontrol kadar gula darah.

Ibu yang memiliki riwayat penyakit diabetes akan selalu memerlukan pengawasan dokter. Tidak hanya kadar gula darah yang harus dikontrol, tapi juga pola makan dan gaya hidup agar Ibu bisa menjadi tetap sehat serta janin yang dikandung dapat memperoleh nutrisi yang cukup untuk perkembangan dan kesehatannya.

Konsultasi ke dokter kandungan sangat diperlukan oleh Ibu hamil dengan riwayat penyakit diabetes agar kesehatan dan perkembangan kehamilan dapat terkontrol dengan baik.

Pada Ibu hamil yang menderita diabetes, pemeriksaan ke dokter spesialis mata juga perlu dilakukan karena adanya kerusakan pembuluh darah mata yang sering terjadi pada kasus kehamilan semacam ini.Namun, hal terpenting yang harus Anda lakukan adalah terus menjaga kestabilan gula darah dalam batas normal agar tidak terjadi komplikasi selama kehamilan.

Ibu harus melakukan pengecekan kadar gula darah lebih sering agar kesehatan Ibu dan janin juga dapat menjadi lebih baik dan resiko keguguran danbayi yang mati saat dilahirkan dapat dihindari.

Pemeriksaan kadar gula darah pada Ibu hamil yang menderita diabetes sejak awal kehamilan juga dapat memberikan manfaat lebih, antara lain:
  • Mencegah kelahiran premature
  • Mencegah pertumbuhan bayi yang terlalu besar karena gula darah atau glukosa yang tinggi juga akan terkandung dalam plasenta. Keadaan ini membuat pakreas janin memproduksi insulin berlebih sehingga janin dapat tumbuh menjadi terlalu besar. Bayi yang terlalu besar tentunya akan lebih sulit untuk dilahirkan dan resiko cedera pada bayi akan semakin besar.
  • Mencegah bayi lahir cacat yang disebabkan oleh gangguan kesehatan di awal kehamilan, seperti cacat otak, jantung, dan tulang belakang.
  • Mencegah terjadinya komplikasi kehamilan seperti hipertensi pada Ibu, protein berlebih pada urin Ibu setelah kehamilan menginjak 20 minggu atau lebih, dan berbagai komplikasi kehamilan lainnya.
  • Membantu tubuh menyerap kalsium dan magnesium dengan baik di dalam darah selama kehamilan sehingga kesehatan mata dan kulit dapat terjaga saat kelahiran.
  • Mencegah komplikasi yang terjadi pada bayi saat dilahirkan, yaitukurangnya kadar gula darah yang disebabkan oleh terlalu tingginya kadar insulin yang terkandung dalam tubuh bayi.
Selain pemeriksaangula darah secara rutin, Ibu juga harus disiplin dalam menjalani gaya hidup sehat dan mengatur menu makanan seimbang setiap harinya agar tetap sehat dan gula darah menjadi stabil. 

Berikut hal –hal yang perlu diperhatikan untuk menjalani gayahidup sehat saat pada Ibu hamil yang menderita diabetes:
  1. Mengatur menu makanan sehat setiap hari.Disarankan bagi Ibu untuk tidak lupa menyertakan sayur – sayuran, buah – buahanm dan kacang – kacangan ke dalam setiap menu makanan. Sebenarnya, Ibu bisa menyantap jumlah makanan yang sama dengan Ibu hamil yang sehat lainnya. Namun, terkadang beberapa dokter menyarankan Ibu untuk mengatur menu makanan secara khusus untuk mencegah kadar gula darah tinggi atau pun terlalu rendah. Selain itu, Ibu juga harus mengkonsumsi suplemen yang mengandung asam folat tinggi.
  2. Jaga kehamilan yang sehat dan cegah kemungkinan komplikasi dengan menjaga kestabilan gula darah dalam batas normal.
  3. Lakukan aktifitas fisik secara rutin. Cek gula darah secara rutin sebelum dan sesudah aktifitas fisik ini. Jika perlu makan camilan sehat agar setelah melakukan aktifitas fisik tubuh Ibu tidak mengalami penurunan kadar gula darah yang drastis.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!