Senin, 04 September 2017

Manfaat Aromaterapi Bagi Ibu Hamil

Penggunaan minyak aromaterapi yang merupakan hasil ekstraksi dari beberapa jenis tanaman saat ini sudah semakin populer khususnya untuk tujuan relaksasi.

Semua orang bisa menikmati manfaat dari aromaterapi khususnya ibu hamil yang cenderung lebih mudah merasa cemas. Selain membantu ibu hamil untuk bisa merasa rileks, penggunaan aromaterapi ternyata juga dapat membantu dalam meredakan rasa nyeri pada bagian tubuh yang umum dirasakan oleh ibu hamil.

Berikut ini adalah beberapa cara pemanfaatan dan penggunaan aromaterapi yang bisa bermanfaat untuk ibu hamil.

Penggunaan Aromaterapi sebagai Pengharum Ruangan


Salah satu cara paling mudah untuk mendapatkan manfaat dari minyak aromaterapi atau minyak essential adalah dengan menggunakannya sebagai pengharum ruangan.

Ada beberapa manfaat yang dapat dirasakan saat menggunakan aromaterapi untuk mengharumkan ruangan yaitu:
  • Membuat ruangan menjadi harum dan segar
  • Membantu melancarkan aliran darah
  • Menurunkan atau menstabilkan tekanan darah (minyak lavender)
  • Membantu ibu hamil untuk mendapatkan tidur yang nyenyak (minyak lavender)
  • Menenangkan ibu hamil agar terhindar dari rasa cemas yang berlebihan (minyak lavender)
  • Masih banyak lagi manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan aromaterapi sebagai pengharum ruangan. Masing-masing aroma memiliki khasiat yang berbeda sehingga dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan ibu hamil itu sendiri.
Penggunaan Minyak Aromaterapi untuk Pijat

Minyak aromaterapi dapat juga dipergunakan untuk memijat. Masing-masing aroma juga memiliki manfaat yang berbeda pula sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan minyak essential sebagai minyak pijat adalah untuk tidak mempergunakannya secara langsung tanpa diencerkan terlebih dahulu.

Minyak essential seperti minyak biji anggur (grapeseed oil) dan minyak almond bisa menjadi pilihan untuk tujuan ini. Cara penggunaannya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak essential kedalam beberapa sendok air atau minyak zaitun, kemudian campuran ini dipergunakan untuk memijat ibu hamil. Campuran ini akan meresap ke dalam kulit sehingga perlu dipastikan untuk memilih minyak yang benar-benar asli dan alami agar tidak membahayakan ibu hamil.

Melakukan pijat secara teratur selama kehamilan dengan menggunakan minyak essential bisa membantu untuk mengurangi rasa sakit selama kehamilan. Namun, pijatan seperti ini harus dilakukan oleh mereka yang ahli dan mengerti betul mengenai kondisi tubuh ibu hamil, sehingga tidak memijat daerah tubuh tertentu yang justru tidak boleh dipijat selama masa kehamilan.

Penggunaan Minyak Aromaterapi untuk Memperbaiki Mood

Untuk tujuan yang satu ini ada beberapa cara yang bisa ditempuh. Ibu hamil bisa menggunakan kosmetik yang mengandung aromaterapi atau dapat juga mempergunakan minyak essential sebagai campuran untuk mengompres kaki yang bengkak atau daerah punggung yang terasa pegal.

Secara umum hampir semua minyak essential memiliki sifat anti bakterial sehingga bila dipergunakan dengan tepat dapat membantu untuk memerangi penyakit. Sebelum mulai menggunakan minyak essential, ada baiknya setiap ibu hamil mengenal manfaat yang ditawarkan oleh masing-masing jenis minyak tersebut, contohnya saja:
  • Minyak dari pohon teh memiliki kualitas anti bakteri dan anti virus sehingga bisa dimanfaatkan untuk mencegah ataupun mengobati pilek
  • Minyak lavender membantu untuk mengurangi sakit kepala
  • Minyak lada hitam untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri pada anggota tubuh
  • Minyak dari jeruk mandarin dapat dipergunakan untuk mengurangi atau mengatasi sembelit
  • Minyak cemara bisa dipergunakan untuk mengurangi pembengkakan pada daerah kaki
  • Minyak pepermint bermanfaat untuk mengurangi rasa mual dan muntah untuk ibu hamil yang mengalami morning sickness
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!