Rabu, 06 September 2017

3 Manfaat USG 4D Bagi Kehamilan

Tes USG merupakan salah satu tes standar yang saat ini dilakukan dalam pemeriksaan kandungan. Tekhnologi USG atau Ultrasonografi yang menggunakan pantulan suara untuk bisa melihat janin dalam kandungan sangat membantu para dokter dalam memantau tumbuh kembang dan juga kesehatan janin.

Pada awalnya pemeriksaan USG masih bersifat 2 dimensi atau berwarna hitam putih namun saat ini sudah mengalami perkembangan pesat menjadi pemeriksaan USG 4 dimensi atau 4D.

Tekhnologi USG 4D merupakan penyempurnaan dari tekhnologi sebelumnya dimana gerakan janin dapat dilihat dan dibaca dengan lebih akurat. Tes USG 4 dimensi ini sering juga disebut dengan USG live 3D atau USG real time, namun di kalangan masyarakat umum lebih dikenal dengan nama tes USG 4D.

Mengapa pemeriksaan USG 4D menjadi lebih populer dan lebih banyak dipergunakan saat ini? Ada beberapa alasan untuk hal ini, yaitu:

1. Kemampuan untuk memperlihatkan gerakan janin dengan lebih detail dan akurat

Apapun gerakan atau perilaku yang dilakukan oleh janin dalam kandungan seperti menendang, mengisap ibu jari dan berbagai perilaku lainnya akan terlihat lebih jelas dengan menggunakan USG 4D. Hal ini memungkinkan dokter untuk bisa melihat dengan lebih baik keadaan janin apakah sesuai dengan usianya ataukah tidak

2. Dapat dipergunakan untuk mengidentifikasi kesehatan janin dengan tingkat akurasi yang lebih tinggi

Seringkali bayi mengalami kelainan dalam pertumbuhan mereka dalam kandungan dan dengan USG 4D, tingkat akurasi dalam menentukan kelainan tersebut cukup tinggi yaitu sekitar 85%. Kelainan yang dapat dideteksi dengan USG 4D sangat beragam mulai dari deteksi kelainan jantung, deteksi down sydrome dan deteksi adanya kelainan kromosom pada saat usia kehamilan 11 hingga 14 minggu.

Pada usia 18 hingga 22 minggu, makaUSG 4D dapat mendeteksi adanya kelainan pada janin secara fisik dan pada minggu-minggu terakhir masa kehamilan yaitu pada minggu ke 28 hingga 32 maka bisa dideteksi adanya kelainan organ janin, kelainan letak plasenta, kelainan pada profil fisik janin, jumlah air ketuban hingga kelainan pada organ janin

3. Kemampuan untuk menyimpan gerakan bayi seperti dalam film

Hasil USG 4D dapat disimpan dalam file komputer dan bisa ditransfer ke CD dan flashdisk untuk bisa diputar lagi di kemudian hari.

Terlepas dari berbagai kelebihan yang ditawarkan oleh USG 4D, ada beberapa kelemahan dari tes ini yaitu: 
  • Biaya yang lebih mahal dibandingkan USG 2 dimensi
  • Harus menunggu posisi janin untuk menghadap ke depan agar bisa melakukan pengamatan yang lebih jelas. Bila posisi bayi sedang menelungkup atau membelakangi maka kondisi beberapa bagian tubuh seperti dada, dinding perut dan keadaan tangan akan sulit untuk diamati.
Sama seperti pemeriksaan USG pada umumnya, sang dokter akan memberikan penjelasan mengenai hasil USG terutama untuk menjelaskan ada tidaknya kelainan yang diderita oleh janin.

Para ibu hamil yang akan menjalan pemeriksaan USG 4 dimensi disarankan untuk melakukannya di tempat klinik dokter yang sudah memiliki sertifikat kompetensi di bidang ini, sesuai dengan kode etik kedokteran dan juga standar kesehatan internasional.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!