Senin, 28 Agustus 2017

Waspadai 3 Jenis Penyakit Ibu yang Dapat Menular Ke Janin

Kesehatan sang bayi dalam kandungan sangat bergantung erat pada kesehatan ibu yang sedang mengandung. Asupan nutrisi yang kurang akan membahayakan keselamatan dan tumbuh kembangn janin. Begitu pula halnya dengan penyakit.

Bila sang ibu sedang menderita suatu penyakit tertentu, maka ada kemungkinan penyakit tersebut bisa menular pada janin dalam kandungan.

Ada beberapa jenis penyakit yang telah diketahui dapat ditularkan oleh ibu hamil kepada bayi yang ada dalam kandungan yaitu:

1. Syphilis

Penyakit syphilis adalah jenis penyakit yang pada awalnya disebabkan oleh karena sang ibu melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda.

Pada wanita yang tidak mengandung, penyakit ini akan mengganggu kesehatan mereka dan bila hal ini terjadi pada ibu hamil, maka besar kemungkinan bayi dalam kandungan juga akan tertular penyakit yang sama, Penyakit ini ditularkan dari ibu ke bayi melalui peredaran darah.

Ada beberapa resiko yang akan diderita oleh bayi yang tertular penyakit ini mulai dari terganggunya tumbuh kembang bayi, beresiko menderita infeksi, kekurangan berat badan dan pada kasus akan menyebabkan kematian pada bayi dalam kandungan.

2. AIDS

Penyakit AIDS yang disebabkan oleh virus HIV adalah sejenis penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan mereka yang mengidap penyakit ini akan mudah sekali terserang penyakit lainnya.

Sampai saat ini belum ada obat yang ditemukan untuk bisa menyembuhkan penyakit ini dan satu-satunya cara yang bisa dilakukan oleh pengidap AIDS adalah dengan mengkonsumsi obat yang dapat memperlambat penyerangan virus.

Kemungkinan yang dimiliki ibu hamil untuk menularkan penyakit AIDS dalam diri mereka kepada bayi dalam kandungan sangatlah besar berkisar 99%. Penyakit ini bisa ditularkan melalui peredaran darah saat bayi dalam kandungan, saat bayi mengalami kontak dengan darah saat ibu saat proses persalinan atau bisa juga melalui ASI yang diberikan ibu setelah melahirkan.

Bila bayi sudah tertular penyakit ini maka kemungkinan mereka untuk bisa bertahan hidup akan sangat kecil karena kondisi tubuh mereka yang masih lemah ditambah dengan virus yang menyerang sistem imun tubuh akan membuat mereka mudah terkena berbagai penyakit.

3. Hepatitis B

Hepatitis B disebabkan karena adanya infeksi virus yang menyerang organ tubuh hati. Gejala mereka yang menderita penyakit ini pada awalnya hanya berupa demam, mual serta nyeri di bagian sendi. Bila sudah semakin parah maka akan muncul gejala lain seperti terjadinya pembengkakan di perut bagian kanan, serta warna mata dan kulit yang menjadi kuning.

Pada ibu hamil, resiko penularan penyakit ini ke bayi dalam kandungan juga sangat besar bahkan jauh lebih besar dibandingkan resiko penularan AIDS.

Resiko penularan penyakit dari ibu hamil kepada bayi dalam kandungan sebaiknya bisa dihindari sejak dini. Pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat dan menjauhi hal-hal yang menjadi penyebab munculnya penyakit-penyakit tersebut.

Selain itu pemeriksaan teratur perlu dilakukan untuk menentukan tindakan apa yang harus dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir terjadinya penularan dari ibu kepada bayi dalam kandungan bila ternyata sang ibu sudah menderita penyakit tersebut.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!