Kamis, 03 Agustus 2017

Usia Ideal Untuk Wanita Hamil Dan Melahirkan

Dalam menjalani hidup, manusia mengalami beberapa tahapan.Menikah adalah salah satunya.Usia yang ideal untuk menikah sesuai dengan program pemerintah adalah minimum 21 tahun untuk wanita, sedangkan untuk pria adalah 25 tahun. Selain untuk memenuhi kebutuhan biologis pasangan, menikah juga bertujuan untuk melanjutkan keturunan.

Agar bisa melanjutkan keturunan, wanita harus hamil. Setelah mengetahui usia ideal untuk menikah, kini saatnya kita mengetahui usia ideal bagi wanita untuk hamil dan melahirkan. Berikut ini adalah penjelasan tentang kehamilan dan persalinan sesuai dengan kategori usia.

Usia Dibawah 20 Tahun Beresiko Tinggi

Usia dibawah 20 tahun masih dikategorikan usia remaja. Pada usia ini, kehamilan yang terjadi beresiko cukup tinggi baik pada kesehatan ibu maupun janin. Resiko tinggi terjadi karena organ reproduksi belum benar-benar siap untuk menjalani kehamilan sehingga bisa saja terjadi hal buruk selama kehamilan.Sel telur yang diproduksi oleh gadis remaja juga belum sempurna sehingga ada kemungkinan gangguan pada perkembangan janin.

Pada ibu, bisa terjadi masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi. Kelahiran lebih awal pada usia kandungan dibawah 37 minggu atau prematur juga bisa terjadi. Karena kondisi psikis remaja yang masih belum stabil, ibu kemungkinan bisa mengalami kecemasan pasca melahirkan atau depresi postpartum.

Hal terburuk yang bisa terjadi pada ibu adalah pendarahan dan infeksi yang menyebabkan kematian ibu.Pada janin, kemungkinan masalah yang terjadi adalah bayi lahir dengan berat badan kurang.Pemeriksaan oleh ahli medis sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi ibu muda yang mengandung. Pemeriksaan harus dilakukan dengan lebih teliti karena usia remaja sangatlah rawan.

Usia Ideal 21 Sampai 35 Tahun

Usia 21-35 tahun adalah usia ideal bagi wanita untuk hamil dan melahirkan karena resiko gangguan kesehatan pada ibu dan janin yang dikandung lebih rendah dibandingkan usia lainnya. Pada batasan usia ini, resiko kesehatan hanya berkisar 15%.

Kematangan organ reproduksi, kondisi emosional, dan aspek-aspek sosial disekitar wanita pada usia ini juga sudah mencukupi. Oleh karena itulah, disarankan untuk hamil dan mengandung pada usia ini untuk menurunkan tingkat resiko. Selain batasan usia tersebut, ada pula yang menyarankan untuk hamil dan melahirkan pada usia 24 tahun karena usia tersebut adalah puncak kesuburan wanita. Setelah usia 24 tahun, kesuburan wanita akan menurun walaupun kesempatan untuk hamil tetap ada.

Usia Diatas 35 Tahun Beresiko Tinggi

Wanita yang hamil diatas usia 35 tahun dianggap memiliki resiko tinggi karena beberapa gangguan kesehatan lebih sering terjadi pada usia tersebut. Beberapa diantaranya adalah tekanan darah tinggi, gangguan kandung kemih, dan penyakit diabetes gestational yang terjadi selama kehamilan.Gangguan tersebut bisa membahayakan ibu maupun janin.

Selain masalah selama kehamilan, pada usia diatas 30 tahun, wanita juga memiliki kemungkinan penurunan kondisi kesehatan atau kecenderungan terjadinya kondisi medis seperti fibroid uterine. Kondisi medis ini adalah tumbuhnya otot atau jaringan di uterus wanita yang selanjutnya akan berkembang menjadi tumor.

Pada kondisi ini wanita akan merasa sakit dan ada kemungkinan terjadi pendarahan. Namun, walaupun beresiko tinggi untuk hamil dan melahirkan di usia lebih dari 35 tahun, teknologi medis sudah semakin berkembang. Bagi anda yang mengalami hal ini, cek up kehamilan, konsultasi genetik, dan bantuan medis lainnya akan sangat membantu.

Dengan pengetahuan usia idea untuk hamil dan melahirkan ini, anda diharapkan bisa merencanakan kehamilan anda pada usia ideal sehingga bisa mengurangi resiko. Tentunya jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sehingga kehamilan dan persalinan anda bisa berjalan dengan baik.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!