Minggu, 06 Agustus 2017

Tips Terhindar dari Anemia Bagi Ibu Hamil

Kondisi anemia atau kekurangan sel darah merah merupakan kondisi yang umum terjadi pada ibu hamil. Buat mereka yang sudah memiliki anemia sebelum hamil, maka resiko anemia pada saat hamil akan jauh lebih besar. Resiko anemia ini sendiri sebenarnya merupakan hal yang sudah sewajarnya terjadi mengingat kebutuhan ibu hamil akan zat besi sebagai pembentuk sel darah merah meningkat tinggi saat kehamilan.

Sejak awal masa kehamilan, banyak sekali sel darah merah yang dipergunakan dalam rangka pembentukan janin. Bisa dikatakan bahwa kebutuhan ibu hamil akan zat besi meningkat drastis hingga dua kali lipat dari biasanya. Sehingga tidak heran bila asupan zat besi tidak turut bertambah, maka sang ibu akan menderita anemia. Kondisi ini juga bisa diperparah dengan kenyataan bahwa pada masa trisemester pertama banyak ibu hamil yang mengalami gangguan kesehatan seperti mual dan muntah-muntah yang menyebabkan asupan zat besi semakin berkurang.

Selain pada ibu hamil, resiko anemia juga dialami oleh mereka yang mengalami kehamilan dalam waktu yang berdekatan. Kebutuhan zat besi akan meningkat karena zat besi ini juga dibutuhkan untuk masa pemulihan paska melahirkan.

Gejala anemia pada ibu hamil masih bisa dikatakan normal bila gejala yang muncul termasuk dalam kategori ringan seperti misalnya rasa pusing saat berdiri tiba-tiba, mudah lelah serta pandangan berkunang-kunang.

Hal ini tentu tidak boleh dibiarkan karena bisa menyebabkan munculnya anemia dengan gejala yang lebih berat misalnya saja lemah jantung, sesak napas dan juga menyebabkan daya tahan tubuh menjadi jauh berkurang sehingga sang ibu hamil lebih renta terkena penyakit. Walaupun bisa dikatakan normal, anemia pada ibu hamil tetap tidak boleh dibiarkan karena bisa beresiko bagi sang bayi karena bisa menyebabkan bayi cacat, prematur ataupun keguguran.

Asupan nutrisi yang cukup sangatlah penting bagi setiap ibu hamil untuk menghindari terjadinya anemia ditempat pertama. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan ibu hamil agar tidak mengidap anemia, yaitu:
  • Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat terutama di masa awal kehamilan untuk membantu tumbuh kembang bayi dan juga membantu melawan anemia.
  • Sangat penting untuk menambah asupan makanan yang kaya akan zat besi misalnya saja sayur bayam atau sayuran berdaun hijau lainnya, telur yang dimasak matang, berbagai jenis kacang-kacangan, serta berbagai makanan sumber protein yang juga kaya akan zat besi seperti ikan dan daging merah. Pastikan bahwa sumber makanan ini selalu tersedia dalam menu makanan sang ibu hamil sehari-hari.
  • Selain banyak mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, ibu hamil juga perlu banyak mengkonsumsi banyak vitamin C yang bukan hanya baik untuk menjaga kekebalan tubuh namun juga berperan penting dalam meningkatkan penyerapan zat besi di dalam tubuh.
  • Mengkonsumsi suplemen zat besi yang umumnya akan diberikan oleh dokter atau bidan selama masa kehamilan.
  • Melakukan pemeriksaan lebih lanjut seperti pemeriksaan hematokrit dan hemaglobin untuk lebih memastikan kondisi anemia yang diderita oleh sang ibu hamil, sehingga bisa dilakukan tindakan pengobatan lebih lanjut.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!