Jumat, 11 Agustus 2017

Tips Diet Sehat Untuk Yang Sibuk Bekerja

Seringkali kita merasa iri dengan rekan sekantor yang bisa dengan mudah menurunkan berat badannya padahal yang ia lakukan hanya menghindari makan nasi. Sedangkan kita, sudah diet mati-matian menghindari nasi dan tidak makan malam bahkan disertai dengan olahraga yang cukup keras hasilnya tak kunjung membuat berat badan turun. Apa yang salah ya?

Secara umum tak ada yang salah dengan hal tersebut. Tak semua progam diet menunjukan hasil yang sama pada semua orang. Malah, ada pola makan yang tidak cocok dengan cara kerja otak kita. Hasilnya tentu saja akan membuat progam diet gagal.

Ada orang yang cocok berhasil dengan diet berdasarkan golongan darah, ada pula yang berhasil menurunkan berat badannya dengan diet karbohidrat, tapi jangan salah, banyak ornag yang gagal memperoleh hasil padahal sudah melakukan anjuran diet dengan benar.

Menurut sebuah penelitian di Amerika, metabolisme tubuh tidak berkaitan dengan masalah kegemukan. Menurut oenelitin itum otaklah yang memiliki pern penting penyebab obesitas. Otak yang menginstruksikan seseorang agar berhenti makan, memberitahu tubuh bahwa perut kita sudah kenyang, atau malah meminta Anda terus menghabiskan semangkuk es krim yang tersedia di hadapan Anda.

Berdasarkan hal tersebut, ada pola diet khusus untuk mereka yang teralu bersemangat bekerja atau yang sering disebut dengan workaholic. Sebelum memulai diet, Anda harus mengenali cara kerja otak orang yang doyan bekerja. Berikut ini ada beberapa pertanyaan untuk mengenali apakah Anda si workaholic atau bukan. Jika jawaban Anda kebanyakan atau minimal 3 ANda jawab dengan sering, atau iya maka Anda harus menjalankan pola diet untuk si workaholic tersebut.

Pertanyaan: 
  1. Apakah Anda cukup sering merasa cemas atau merasa tegang?
  2. Apakah Anda cenderung mudah panik?
  3. Anda sering mengalami gangguan sakit kepala atau otot yang kaku?
  4. Anda sering memeikirkan hal buruk yang akan terjadi?
  5. Anda cenderung menghindari konflik?
  6. Apakah Anda takut diperhatikan oleh orng lain secara cermat?
  7. Apakah Anda menganggap diri Anda workaholic?
  8. Anda kurang percaya diri?
  9. Apakah Anda sering mengharapkan hal buruk terjadi?
  10. Apakah Anda cenderung mudah terkejut?
Jika Anda termasuk kategori workaholic, Anda adalah tiep orang yang mudah cemas. Maka tanpa sadar Anda akan cenderung mengatasi kecemasan dan ketakutan yang Anda alami dengan mengonsumsi makanan.

Semakin tinggi tingkat kecemasan yang ANda alami, semakin tinggi pula keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan yang manis dan berkabohidrat tinggi. Peneybabyna, makanan manis dipercaya dapat memberikan efek menenangkan dan rileks. Jika sudah demikian, cobalah melakukan diet untuk si workaholic berikut ini.
Hal yang harus dihindari:

Anda harus menghindari progam diet rendah kalori. Diet rendah kalori akan membuat Anda merasa lapar sehingga kadar hormon kortisol (hormon stres) akan terus meningkat.
Yang harus dilakukan: 
Lakukan dan terapkan Macrobiotic diet atau the zone diet. The zone diet dipopulerkan oleh seorang ahli biokimia bernama Barry Sears. Anjuran dalam diet ini adalah konsumsi kalori dari protein, lemak dan karbohidrat secara seimbang. artis-artis ternama dunia seperti Madonna, Jenifer Aniston, dan Demi Moore mererapkan diet ini.
Sementara itu, diet makrobiotik adalah diet alami yang menganjurkan pelakuknya untuk menghindari lemak dalam pada menu makanannya dan lebih mengutamakan untuk mengonsumsi sayuran dan padi-padian.

Ada cara lain selain dua progam diet diatas yang bisa dicoba diterapkan oleh si workaholic antara lain adalah:
  1. Pilih makanan yang memberi dampak baik pada otak seperti brokoli, nasi merah, pisang, dan kacang-kacangan.
  2. Kurangi konsumsi alkohol dan kafein yang malah dapat memperparah stres.
  3. Lakukan olahraga relaksasi seperti Yoga.
  4. Konsumsi suplemen bila perlu seperti vit B6 serta magnesium untuk yang bermanfaat mengurangi kecemasan.
Previous Post
Next Post

2 komentar:

  1. Buat anda yang ingin memiliki berbagai macam furniture keren khusus untuk menghiasi interior rumah bisa check produk furniture asli Jepara kami hanya di FURNIKEN.COM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yapsss bagus-bagus banget produk furniturenya gan jadi ngiler pengen ganti desain interior kamar gue. Kira-kira dapat diskon gak ya saya ... :D

      Hapus

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!