Kamis, 10 Agustus 2017

Penting: Kondisi Kehamilan Yang Perlu Diwaspadai

Masa kehamilan memang sangat rentan terhadap berbagai resiko. Apalagi jika kondisi si ibu tidak fit atau sedang mengidap penyakit tertentu. Selain penyakit, ada beberapa kondisi yang harus diwaspadai oleh mereka yang ingin hamil karena dapat menyebabkan kehamilan tersebut menjadi beresiko dan bahkan membahayakan si ibu dan janin, diantaranya adalah:

1. Jarak kelahiran yang terlalu rapat sangat beresiko bagi ibu hamil.

Usai melahirkan biasanya seorang wanita akan membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 tahun untuk memulihkan diri serta memulihkan organ kandungannya. Oleh karena itu kehamilan rapat yang dibawah 2 tahun tidak disarankan oleh para ahli kandungan. Selain rahim belum siap, resiko lain adalah pertumbuhan janin yang kurang sempurna serta resiko pendarahan.

Usia maksimal bagi wanita yang ingin hamil adalah 35. Jika seorang wanita berusia lebih dari 35 tahun dan ingin hamil maka dirinya harus ekstra waspada serta benar – benar menjaga kandungannya agar si jabang bayi benar – benar sehat. Pada usia di atas 35 tahun kondisi kesehatan sudah menurun sehingga berpotensi bayi lahir cacat, pendarahan, atau persalinan yang lama.

2. Selain terlalu tua, wanita yang terlalu muda atau dibawah 20 tahun juga sangat beresiko ketika hamil.

Usia sebelum 20 tahun biasanya organ rahim belum tumbuh dengan sempurna sehingga dapat menimbulkan beberapa masalah ketika persalinan seperti proses melahirkan yang terlalu lama, proses kelahiran yang macet.

Ada alasan tersendiri kenapa pemerintah enganjurkan agar suami istri hanya memiliki 2 anak saja sebab wanita yang hamil lebih dari 4 kali beresiko mengalami masalah pada kehamilan – kehamilan berikutnya. Masalah yang sering timbul biasanya adalah rahim yang semakin lemah sehingga bisa memicu pendarahan serta masalah – masalah lainnya.

3. Ibu dengan tinggi badan kurang dari 145 cm serta memiliki tubuh yang mungil juga harus waspada jika ingin hamil.
Tubuh yang mungil biasanya memiliki ukuran pinggul yang sempit sehingga akan menghambat jalannya persalinan. Meskipun tidak semua wanita bertubuh mungil kesulitan melahirkan bayinya, namun bagi anda yang memiliki tinggi badan dibawah 145 cm sebaiknya rajin memeriksakan diri ke bidan atau dokter kandungan.

Wanita yang terlalu kurus juga sebaiknya waspada jika ingin hamil. Ukuran wanita yang kurus adalah jika lingkar lengan bagian atas kurang dari 24 cm. Kondisi ini dalam dunia medis disebut juga dengan KEK atau kekurangan energy kronis.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!