Rabu, 02 Agustus 2017

Kehamilan Dengan Placenta Previa

Tidak semua kehamilan berjalan dengan normal. Beberapa ibu mengalami kelainan pada kehamilan dan salah satunya adalah placenta previa.

Placenta adalah penghubung antara ibu dan janin yang berfungsi dalam suplai nutrisi. Tidak seperti placenta normal, placenta previa menempel di bagian bawah rahim. Placenta previa dibagi dalam empat macam yaitu totalis, sentralis, partialis, dan marginalis.

Gejala yang biasanya dialami oleh ibu yang mengalami placenta previa adalah terjadinya pendarahan yang keluar dari vagina pada usia kehamilan ke 20 minggu atau lebih. Pendarahan ini biasanya disertai dengan kram dan rasa sakit.

Faktor resiko terjadinya placenta previa adalah kehamilan pada usia ibu lebih dari 35 tahun, kebiasaan buruk yang tidak sehat seperti merokok, kelainan rahim, riwayat operasi rahim pada ibu, kehamilan kembar, dan pada kehamilan sebelumnya, ibu pernah mengalami placenta previa.

Plasenta previa bisa begitu berbahaya pada usia kehamilan yang semakin tua, terutama karena resiko pendarahan.Bagian bawah rahim adalah bagian yang lebih tipis dan lebih vaskular sehingga lebih lemah.Semakin besar kehamilan, leher rahim mulai menipis dan terjadi peregangan karena rahim mempersiapkan diri untuk persalinan.Plasenta yang membentang di daerah ini bisa menyebabkan pembuluh darah sobek dan terjadilah pendarahan.

Gejala pendarahan harus segera mendapat penanganan dari dokter yang dimulai dengan pemeriksaan tentang apa sebenarnya yang menyebabkan pendarahan tersebut. Semakin tua kandungan, semakin besar kemungkinan plasenta previa menyebabkan pendarahan.

Plasenta previa juga bisa menyebabkan komplikasi pada ibu dan juga berdampak pada janin yang dikandung. Kelahiran prematur bisa saja terjadi dan jika kondisi berkembang menjadi lebih buruk, dokter akan menyarankan operasi caesar untuk menyelamatkan ibu dan bayi.

Plasenta previa yang terjadi pada kehamilan yang masih muda bisa mengakibatkan komplikasi persalinan tetapi tentunya persalinan harus menunggu sampai usia bayi cukup. Ada beberapa penanganan yang bisa dilakukan pada plasenta previa yang terjadi di awal kehamilan.Jika ibu berada dalam kondisi sehat dan hb darahnya normal, bisa dilakukan terapi ekspektif.

Penanganan lainnya adalah terapi aktif.Selama terapi, dokter akan selalu memantau tanda-tanda vital anda dan bayi. Jika dokter berhasil mengendalikan pendarahan, hal selanjutnya yang dilakukan oleh dokter adalah membahas dan menjadwalkan operasi caesar dengan ibu dan keluarga. Jika penanganan yang diberikan tidak bisa mengontrol pendarahan, maka dokter akan memutuskan untuk melakukan operasi Caesar walaupun usia kandungan masih muda.

Untuk kondisi kandungan yang sudah memasuki usia tua di trimester terakhir, maka plasenta previa akan mempengaruhi persalinan. Jika kondisi yang terjadi adalah plasenta previa totalis, persalinan harus dilakukan dengan operasi caesar.Pada kondisi previa partialis, persalinan normal masih dimungkinkan tergantung dengan kondisi ibu dan bayi.Untuk kondisi previa marginalis, persalinan normal bisa dilakukan karena jalan lahir tidak tertutup oleh plasenta.

Wanita yang mengalami plasenta previa sangatlah riskan mengalami pendarahan parah. Walaupun persalinan sukses dilakukan, dokter akan terus memantau ibu untuk melihat jika ada tanda-tanda pendarahan setelah persalinan. Obat-obatan bisa membantu dalam mengendalikan pendarahan seperti Pitocin. Jika dibutuhkan, dokter akan memberikan transfusi agar ibu tidak kekurangan darah.

Pemantauan kadar hemoglobin juga diperlukan untuk mengetahui jika ibu atau bayi mengalami anemia. Anemia tidak bisa dibiarkan karena bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.Oleh karena itu,akan diberikan suplemen zat besi. Setelah persalinan, Ibu harus melanjutkan konsultasi dengan dokter tentang kondisi ibu dan bayi.Tujuannya adalah untuk mencegah dan melakukan yang terbaik jika ada kejadian buruk.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!