Jumat, 04 Agustus 2017

Cara Mengatasi Varises pada Ibu Hamil

Pada saat hamil, banyak ibu yang mengalami varises pada kaki. Varises adalah kondisi membengkaknya pembuluh darah dan biasanya berwarna kebiruan. Varises ini disebabkan oleh adanya pembuluh darah balik yang mengakibatkan dinding vena menurun. Varises biasanya terjadi pada bagian kaki (terutama di belakang lutut), atau di area kewanitaan.

Varises yang terjadi saat hamil dipengaruhi oleh hormon progesteron. Seiring pertumbuhan bayi dalam kandungan, pembuluh darah di panggul dan pembuluh darah besar akan tertekan. Katup yang dimiliki oleh pembuluh darah vena dapat menghentikan darah yang kembali ke jantung dari mengalir mundur.

Apabila katup ini tidak dapat berfungsi dengan baik, pembuluh darah akan menjadi sesak dan mengakibatkan darah bertambah. Akibatnya, dinding pembuluh darah mulai meregang dan membengkak vena, dan membuatnya terlihat di bawah kulit anda.

Varises saat hamil merupakan kondisi yang wajar, karena tidak akan mengganggu perkembangan janin dalam kandungan. Namun demikian, jika anda mengalami kelebihan berat badan selama hamil, kondisi berat badan janin, atau kehamilan bayi kembar dapat membuat varises semakin memburuk. Begitu pula dengan varises yang terjadi pada area kewanitaan akan dapat menghambat persalinan.

Pada kondisi varises yang parah, akan mengakibatkan persalinan caesar. Risiko varises akan semakin besar bagi anda yang hamil pada usia diatas 40 tahun karena terjadi penebalan dinding pembuluh darah yang menghambat aliran vena, sehingga varises mudah sekali muncul.

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi varises selama kehamilan :

1. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh

Hindari terlalu banyak minum teh, kopi atau cola karena dapat membuat varises lebih menyakitkan dan menyebabkan sembelit pada ibu hamil. Usahakan untuk minum setidaknya 8 gelas air putih per hari. Apabila anda membutuhkan suplemen tambahan sebaiknya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter kandungan anda.

2. Konsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan sehat akan dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan akibat adanya varises. Disamping itu juga dapat mencegah varises bertambah buruk. Anda dapat mengkonsumsi jus buah, terutama blueberry dan blackberry yang dapat membantu mencegah varises. Kedua buah ini mengandung pigmen yang dapat memperkuat dinding pembuluh darah. Mengkonsumsi vitamin E juga dapat menurunkan risiko varises yang semakin parah seperti halnya bawang putih yang dapat mencegah munculnya varises. Hindari mengkonsumsi makanan olahan karena dapat memperburuk kondisi varises.

3. Hindari memakai sepatu hak tinggi selama kehamilan

Selama kehamilan sangat disarankan untuk tidak memakai sepatu hak tinggi karena dapat menghambat pembuluh darah di area kaki. Namun jika anda ingin memakai sepatu hak tinggi pada kegiatan tertentu, usahakan hak sepatu anda tidak lebih dari 5 cm. Selain itu hindari pula duduk atau jongkok terlalu lama dan hindari menyilangkan kaki saat duduk.

4. Olahraga dapat mengurangi varises

Olahraga yang teratur dapat menjaga sirkulasi dalam pembuluh darah sekaligus mengurangi penumpukan lemak. Anda bisa berjalan, berenang, atau mengikuti kelas olahraga kehamilan ringan. Hindari olahraga yang berlebihan, seperti jogging atau bersepeda karena justru dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di kaki anda.

5. Hindari memijat varises

Hindari memijat langsung di atas varises anda, karena selain menyakitkan juga dapat membuat pembuluh darah semakin buruk. Anda dapat menggunakan air dingin untuk meregangkan otot-otot tanpa memijat. Anda juga bisa mencoba mengompresnya dengan kain yang dalam cuka sari apel dua kali sehari. Apabila varises anda semakin parah, segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!