Sabtu, 05 Agustus 2017

Bolehkah Wanita Hamil Minum Kopi?

Bolehkah wanita hamil minum kopi? Banyak yang mengatakan bahwa wanita hamil maupun wanita yang sedang mencoba untuk hamil harus menghindari konsumsi kafein dalam kopi. Namun demikian, setelah beberapa dekade terjadi kontroversi dan bukti yang bertentangan mengenai berapa banyak kafein yang aman dikonsumsi selama masa kehamilan.

Para ahli menyarankan para wanita untuk membatasi asupan kafein yaitu kurang dari 200 miligram per hari, atau sekitar 12-ons cangkir kopi. Menurut sebuah studi, wanita yang mengkonsumsi kafein lebih dari 200 miligram per hari memiliki risiko keguguran dua kali lipat dari pada mereka yang tidak mengkonsumsi kafein.

Meskipun demikian, tidak semua penelitian yang dilakukan menunjukkan hubungan konsumsi kafein dan lebih tingginya risiko keguguran. Seperti dilansir dari babycenter.com, sebuah penelitian yang dilakukan di Denmark menemukan bahwa wanita yang tidak mengkonsumsi kafein memiliki risiko bayi mati setelah beberapa jam kelahiran lebih dari dua kali lipat daripada wanita yang mengkonsumsi delapan cangkir kopi setiap harinya.

Pada penelitian lain menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi lebih dari 500 miligram kafein sehari, bayi yang dilahirkan memiliki detak jantung dan tingkat pernafasan yang lebih cepat serta waktu terjaganya lebih banyak pada beberapa hari pertama kelahirannya. Beberapa penelitian juga menunjukkan hubungan antara konsumsi kafein tinggi dan sedikit perunurunan berat badan pada bayi yang baru lahir.

Tidak mengkonsumsi banyak kafein akan membuat anda merasa lebih baik. Ini merupakan stimulan, sehingga dapat meningkatkan detak jantung anda. Selain itu juga dapat membuat anda gelisah dan menyebabkan gangguan tidur atau insomnia. Konsumsi kafein juga dapat mempengaruhi heartburn (kondisi merasa panas di dalam perut) dengan merangsang sekresi asam lambung.

Efek yang ditimbulkan ini akan lebih terasa pada saat kehamilan memasuki trimester pertama. Hal ini dikarenakan melambatnya kemampuan tubuh anda untuk memecah kafein, sehingga berakhir dengan tingkat yang lebih tinggi dalam aliran darah anda. Memasuki trimester kedua, dibutuhkan waktu dua kali lebih lama untuk membersihkan kafein dari dalam tubuh anda seperti ketika anda tidak hamil.

Memasuki trimester ketiga, waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan kafein dalam tubuh menjadi tiga kali lebih lama.Hal ini dapat mempengaruhi jumlah kafein yang melintasi plasenta dan mencapai janin dalam rahim, yang tidak dapat diproses secara efisien. Senyawa fenol yang terdapat dalam minuman yang mengandung kafein akan membuat tubuh anda lebih sulit untuk menyerap zat besi. Padahal, zat besi sangat dibutuhkan dan sangat penting untuk wanita hamil.

Namun bila anda masih ingin mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti teh atau kopi selama hamil, sebaiknya anda mengkonsumsinya antara waktu makan sehingga efek yang ditimbulkan pada penyerapan zat besi lebih sedikit. Satu kopi porsi mengandung jumlah kafein yang bervariasi, tergantung dari proses pembuatan kopi dan jumlah takaran untuk menyeduh kopi (espresso mengandung lebih banyak kafein per ons dalam cangkir kecil, jadi secangkir penuh kopi yang diseduh mengandung lebih banyak kafein).

Jika saat hamil anda sulit menghindari kebiasaan untuk mengkonsumsi kafein seperti teh atau kopi, anda dapat mencoba menguranginya dengan cukup mengkonsumsi satu cangkir sehari. Selain itu anda juga bisa mengurangi takaran kopi dan mencampur kopi dengan susu.

Saat menyeduh, cobalah untuk menggunakan lebih sedikit kopi bubuk (atau daun teh). Meskipun teh herbal disebut-sebut tidak mengandung kafein, pastikan anda membaca dengan cermat daftar bahan yang digunakan. Zat aditif atau tumbuh-tumbuhan tertentu mungkin tidak aman dikonsumsi selama kehamilan sehingga anda perlu berkonsultasi dengan dokter.
Previous Post
Next Post

2 komentar:

  1. Sangat bermanfaat sekali artikel tentang kehamilan di website ini, dan sangat berguna sekali buat saya yang sedang mengandung anak pertama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih sis semoga apa yang saya tulis dalam blog sederhana ini mampu menambah ilmu dan pengetahuan buat semuanya yang kebetulan membacanya ... :)

      Hapus

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!