Rabu, 30 Agustus 2017

Bolehkah Ibu Hamil Naik Pesawat?

Beberapa ibu hamil merasa was-was ketika sedang merencanakan perjalanan dengan menggunakan pesawat baik untuk liburan maupun kunjungan dinas. Tetapi sebenarnya ibu tidak perlu khawatir karena pada dasarnya tidak ada larangan bagi ibu hamil untuk melakukan perjalanan dengan pesawat.

Tetapi tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena keluhan-keluhan sering terjadi selama perjalanan di pesawat dan ada beberapa kondisi yang bisa membahayakan kehamilan.Selain itu beberapa organisasi memberikan rekomendasi dan kebijakan untuk ibu hamil yang akan menggunakan pesawat.

Organisasi kebidanan dan kandungan Amerika serikat, ACOG menyatakan kategori aman menggunakan pesawat bagi ibu hamil adalah jika perjalanan tersebut tidak sering dilakukan, tidak ada komplikasi selama kehamilan, dan dilakukan pertimbangan pada usia kandungan ibu yang sebaiknya dibawah 36 minggu.

Organisasi lain yang memberikan kebijakan adalah organisasi transportasi udara internasional, IATA. Kebijakan yang diberikan adalah mempertimbangkan riwayat kehamilan dan kesehatan ibu sebelum menentukan apakah ibu hamil boleh naik pesawat.

Usia kehamian perlu dipertimbangkan pula dan harus dimengerti bahwa kehamilan kembar memiliki resiko tinggi saat berpergian dengan pesawat. Yang diperbolehkan naik pesawat adalah ibu dengan kehamilan tunggal pada usia kandungan hingga 36-38 minggu tanpa ada riwayat komplikasi dan penerbangan yang ditempuh dengan pesawat tidak melebihi 4 jam.

Keterangan dari bidan atau dokter kandungan tentang kesehatan ibu dan janin dibutuhkan oleh maskapai penerbangan untuk mendukung pertimbangan pada kebijakan yang diberikan. Surat keterangan tersebut biasanya akandiperlukan saat check-in.

Sebelum penerbangan, maskapai penerbangan akan meminta ibu hamil untuk mengisi formulir khusus. Untuk usia kehamilan maksimum yang diijinkan, maskapai penerbangan di Indonesia memiliki kebijakan yang berbeda.

Dengan kebijakan tersebut, ibu hamil boleh melakukan penerbagan dengan pesawat tetapi ibu harus tetap berhati-hati mengingat kondisi kehamilan yang berbeda-beda pada setiap ibu. Sebelum melakukan perjalanan dengan pesawat, ibu harus memastikan usia kehamilan yang aman dan tidak adanya keluhan selama kehamilan.

Untuk ibu yang sedang berada pada trimester pertama, penerbangan dengan pesawat dikategorikan aman jika selama kehamilan tidak mengalami morning sickness, mual dan muntah yang berlebihan, dan mudah lelah.Jika ibu mengalami keluhan tersebut, konsultasi dengan dokter dibutuhkan untuk memastikan keamanan penerbangan.

Beberapa dokter akan menyarankan ibu untuk mengkonsumsi obat yang bisa mengurangi mual dan muntah. Trimester kedua adalah usia kandungan yang cukup aman untuk terbang karena telah berkurangnya keluhan selama kehamilan dan janin dalam rahim telah cukup kuat.

Jika dibandingkan dengan penerbangan pada trimester pertama, resiko keluhan selama penerbangan telah menurun pada trimester kedua.Pada trimester ketiga, aturan yang diterapkan oleh maskapai penerbangan di Indonesia berbeda-beda.Usia kehamilan maksimum yang diperbolehkan bagi ibu hamil untuk menggunakan pesawat ditetapkan berkisar antara 27 sampai 35 minggu.

Beberapa ibu hamil khawatir dengan resiko radiasi sinar-X yang dipancarkan oleh mesin sinar-X dibandara. Sebenarnya, bukan hal tersebut yang harus diperhatikan tetapi kemungkinan-kemungkinan resiko kesehatan yang bisa terjadi selama penerbangan.Untuk mencegah hal-hal buruk, ada beberapa tips yang bisa dipertimbangkan yaitu:
  1. Memesan tempat duduk yang dekat dengan lorong pesawat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan ibu untuk berdiri dan pergi ke toilet yang akan sering terjadi selama perjalanan baik untuk buang air kecil atau ada keluhan lain seperti mual dan ingin muntah.
  2. Menyiapkan stoking dan menggunakannya selama perjalanan. Hal ini biasa disarankan oleh dokter karena bisa mencegah darah membeku.
  3. Meminum air putih yang cukup sehingga tidak terjadi dehidrasi.
  4. Mengambil waktu untuk berjalan di lorong dan menghindari duduk terlalu lama.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!