Senin, 31 Juli 2017

Tips Membebaskan Wajah dari Jerawat

Tips Membebaskan Wajah dari Jerawat
Tips Membebaskan Wajah dari Jerawat
Jerawat kadang memang tak bisa kita hindari kedatangannya. Masalahnya adalah ada banyak sekali penyebab yang muncul dari dalam tubuh yang sulit kita kendalikan. Padahal jerawat adalah salah satu hal yang dapat merusak penampilan dan mengurangi rasa percaya diri Anda. Siapa sih yang rela wajah mulus dan cantiknya ternoda oleh jerawat dan bekas-bekasnya?

Segala macam cara pencegahan mungkin sudah Anda coba. Baik itu menjalankan pola makan sehat, rajin membersihkan muka ataupun menghindari hal-hal yang bisa memicu munculnya jerawat. Tapi seringkali hal itu kurang efektif. Jerawat masih saja muncul saat menjelang haid atau saat kita melakukan perjalanan ke daerah lain yang memiliki perbedaan suhu atau iklim. Belum lagi kalau musim berganti. Perubahan kondisi lingkungan memang bisa menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat.

Bila jerawat sudah muncul, tentu kita tak lantas diam saja atau pasrah. Bisa-bisa jerawat di wajah makin parah. Anda pasti mengusahakan berbagai macam cara untuk menyembuhkan jerawat. Entah dengan menggunakan obat yang dijual di pasaran atau dengan pergi ke dokter kulit dan melakukan pengobatan.

Namun seringkali pengobatan itu sia-sia. Anda telah mencoba bermacam – macam obat jerawat, dan jerawat itu masih tetap ada. Pasti Anda stres dan minder. Itu justru dapat membuat jerawat anda makin parah. Mari pahami dengan obat jerawat yang seharusnya kita pilih dengan tepat.

1. Tea-tree oil

Minyak ini biasanya diaplikasikan ke kulit ketika jerawat baru muncul di wajah.

Cara kerjanya: anti bakteri yang terkandung dalam tea – tree oil mengandung terpenoid. Fungsinya sebagai membunuh bakteri yang ada di dalam pori – pori wajah kelenjar minyak. Karena itu bakteri dimatikan, agar tidak ada lagi penyumbatan yang dapat menimbulkan jerawat. Pemakaian tea – tree oil dapat menyebabkan kulit kering dan kemerahan.

2. Sulfur
Bahan ini seringkali digunakan untuk membuat obat jerawat bagi orang yang kulitnya sensitif.

Cara kerjanya: pada kulit yang sensitif zat ini sangat lembut untuk dipakai. Sulfur seperti spons yang dapat mengangkat minyak di dalam pori – pori. Sulfur akan menjaga kulit dari produksi minyak dan membuat jerawat kering, agar menghambat datangnya jerawat. Karna baunya yang sedikit menyengat, sulfur sebaiknya dipergunakan pada malam hari.

3. Asam salisilat

Bahan ini biasanya digunakan saat jerawat di wajah Anda mulai mengalami peradangan.

Cara kerjanya: meredam meradangnya jerawat. Asam salisilat juga bisa mengeluarkan secara alami yang ada pada jerawat dan tidak meninggalkan noda hitam pada wajah.

4. Benzoyl Peroxide


Jika Anda ingin menyembuhkan dan menghilangkan jerawat dengan cepat. Bahan inilah yang biasanya digunakan.

Cara kejanya: benzoyl peroxide dapat menghilangkan bakteri yang terdapat pada jerawat, karena merupakan zat aktif yang paling baik dan paling cepat mengurangi peradangan pada jerawat. Agar kulit wajah tidak kering, pakailah pelembab yang mengandung non – comdogenic setelahnya.

5. Retinoid

Bahan ini biasanya digunakan sebagai bentuk perawatan agar jerawat tidak muncul kembali. Biasanya diaplikasikan pada malam hari menjelang tidur.

Cara kerjanya: mengatur kelenjar minyak yang terdapat di dalam pori – pori wajah. Membuat sebum agar lebih mudah dikeluarkan dari dalam pori – pori agar tidak menjadi jerawat. Para dermatolog menyarankan agar dipakai di malam hari dikarenakan zat ini terlalu peka terhadap sinar matahari. Retinoid bisa mendorong produksi kolagen yang dapat menghapus kerutan pada wajah.

6. Antibiotik oral

Obat ini berfungsi untuk membunuh bakteri bagi jerawat yang parah peradangannya.

Cara kerjanya: bekerja menghilangkan bakteri dari dalam tubuh. Antibiotik ini juga dapat menekan peradangan agar proses penyembuhan tidak sakit dan tidak meninggalkan noda hitam. penggunaan anti biotik ini harus dengan kontrol dokter dan tidak dianjurkan untuk pemakaian jangka panjang.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!