Senin, 31 Juli 2017

Tantangan Melahirkan Bayi Kembar

Tantangan Melahirkan Bayi Kembar
Tantangan Melahirkan Bayi Kembar
Setiap calon ibu tentunya akan sangat bahagia dan tak sabar menunggu kelahiran bayinya. Apalagi ketika diketahui bahwa janin yang dikandung adalah janin kembar. Pastinya akan ada sensasi berbeda yang dirasakan Ibu karena tak sabar menanti kelahiran dua bayi yang akan membuat hari – hari lebih berwarna.

Namun, di waktu yang sama umumnya seorang Ibu yang mengandung janin kembar juga akan khawatir tentang bagaimana proses kelahiran yang akan dihadapi karena sebagian besar Ibu yang mengandung bayi kembar melahirkan dengan jalan operasi Caesar.

Kelahiran dengan jalan Caesar merupakan metode yang diambil ketika persalinan normal tidak memungkinkan untuk ditempuh. Namun, meski dalam kehamilan Ibu terkandung lebih dari satu janin tapi semua janin sehat dan dalam posisi yang normal serta sempurna untuk dilahirkan secara normal, maka persalinan normal pun sangat mungkin untuk dilakukan.

Sebaiknya, untuk melahirkan bayi kembar Ibu memilih rumah sakit sebagai tempat untuk melahirkan. Rumah sakit memiliki tenaga kesehatan serta alat yang lengkap untuk menangani Ibu segera jika terdapat masalah dalam proses persalinan. Ibu perlu memeriksakan diri secara rutin dan konsultasikan tentang proses kelahiran apa yang harus ditempuh pada dokter.

1. Alasan Operasi Caesar untuk Kehamilan Kembar


Ketika dokter menyarankan Ibu untuk melahirkan dengan jalan operasi Caesar, tentunya dokter memiliki alasan medis tertentu yang memang tidak memungkinkan Ibu melahirkan secara normal.

2. Posisi Janin dalam Kandungan

Posisi janin kembar dalam kandungan sangat menentukan untuk mengambil tindakan operasi Caesar atau tidaknya. Jika dalam pemeriksaan sebelum bersalin ditemukan bahwa posisi janin tidak benar atau kepala tidak berada di bawah atau sungsang, maka persalinan harus dilakukan lewat jalan operasi Caesar. Persalinan normal dapat dilakukan jika kedua bayi berada pada posisi yang benar.

Jika salah satu bayi belum berada pada posisi yang benar, dokter atau bidan dapat melakukan beberapa tindakan agar janin berputar dan dapat dilahirkan normal. Selain itu, meski posisi kedua bayi melintang, tapi ukurannya kecil – kecil, persalinan normal juga masih bisa memungkinkan untuk dilakukan. Untuk memastikan tindakan apa yang harus diambil untuk melahirkan bayi kembar Ibu, pemeriksaan sebelum persalinan sangat penting untuk dilakukan.

3. Adanya Masalah Kesehatan atau Resiko Lainnya

Ketika hasil pemeriksaan pra persalinan memperlihatkan hasil bahwa janin mengalami maslaah kesehatan atau resiko lain seperti terlilit tali pusar dan lain sebagainya, tindakan operasi Caesar biasanya akan menjadi keputusan dokter,

Bagaimana Agar Kehamilan Bayi Kembar dapat Lahir Normal?


Proses persalinan normal merupakan impian sebagian besar Ibu, termasuk mereka yang mengandung janin kembar. Jika Ibu mengandung bayi kembar dan tetap ingin melahirkan secara normal, maka beberapa hal yang perlu Ibu perhatikan antara lain;
  • Menjaga kesehatan selama kehamilan dengan baik dengan olah raga dan makan makanan bergizi seimbang.
  • Melakukan latihan – latihan khusus di trimester akhir kehamilan yang bertujuan membuat janin berputar sehingga kepalanya berada di bawah.
  • Berpikiran positif dan yakin bahwa Ibu mampu untuk melahirkan secara normal.
  • Minum suplemen tambahan atau madu yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan menambah energy saat persalinan.
  • Jalan kaki di bulan – bulan terakhir kehamilan sebagai olah raga, melatih tubuh mengatur napas dan melatih kelenturan otot – otot di sekitar vagina dan panggul sehingga proses persalinan secara normal dapat berjalan lancar dan Ibu memiliki tenaga yang cukup kuat.
Jadi, kehamilan bayi kembar bukan alasan untuk Ibu berhenti berharap untuk dapat melahirkan secara normal. Ibu juga bisa melahirkan bayi kembar secara normal jika Ibu mempersiapkan diri dengan baik dan kehamilan Ibu dalam kondisi sehat.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!