Kamis, 27 Juli 2017

Bagaimana Mengatasi Bibir Yang Menghitam

Kecantikan seorang perempuan biasanya diukur dari keindahan dan kemulusan kulitnya. Baik itu kulit tubuh hingga kulit muka. Biasanya, kita terlalu berkonsentrasi memutihkan dan merawat kulit tubuh dan muka, hingga ada satu bagian tubuh yang sering terlupa kita perhatikan dan rawat yaitu kulit bibir. Padahal kulit bibir juga sering menjadi pusat perhatian orang lain.

Masalah yang sering menimpa kulit bibir adalah masalah kekeringan yang sering membuat bibir pecah-pecah. Tapi tak hanya itu, karena konsumsi rokok atau salah memakai kosmetik, keindahan bibir bisa berkurang karena kulit bibir berubah menjadi hitam. Kulit bibir juga bisa menghitam akibat konsumsi kopi, paparan sinar matahari langsung hingga kebiasaan kita yang terlalu sering menjilat bibir.

Mungkin menghitamnya bibir bisa disembunyikan dengan berbagai kosmetik seperti penggunaan lipstik, namun bagaimana bila Anda harus tampil tanpa make up? Ada baiknya Anda melakukan usaha untuk mencerahkan kulit bibir Anda agar kecantikan Anda semakin maksimal.

Untuk membantu mencerahkan kulit bibir yang menghitam, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Berikut perawatan bibir yang bisa Anda coba:
1. Pengelupasan

Sel kulit mati atau sel kulit rusak pada bibir harus dikelupas atau diangkat agar bibir tampak lebih cerah dan tidak terlihat kusam. Banyaknya sel kulit mati yang menumpuk juga akan menyebabkan bibir kekeringan. Anda bisa melakukan pengelupasan sendiri di rumah dengan cara menggosok bibi Anda dengan lembut menggunakan sikat gigi Anda setiap kali selesai menggosok gigi di malam hari.

Anda bisa juga menggunakan olive oil yang dicampur dengan gula pasir sebagai ramuan pengelupas sel kulit mati pada bibir. Gula pasir akan berfungsi sebagai scrub yang akan mengangkat sel kulit mati Anda. Gosok ramuan tersebut secara lembut ke bibir menggunakan kain. Lakukan kurang lebih 3 hingga 5 menit lalu bilaslah hingga bersih. Cara ini bisa Anda lakukan dua kali dalam satu minggu.

2. Perlindungan

Perlu Anda perhatikan bahwa salah satu penyebab menghitamnya kulit bibir kita adalah akibat terkena paparan sinar ultraviolet secara langsung sehingga membakar dan merusak sel-sel kulit. Jadi salah satu cara untuk melakukan pemutihan kulit bibir adalah dengan melindunginya dari paparan sinar matahari langsung. Anda bisa menggunakan pelembab bibir bertabir surya jika ingin berkegiatan di luar ruangan.

3. Menjaga kelembapan

Kelembapan kulit bibir juga harus dijaga agar bibir tidak kering dan pecah-pecah. Kulit yang kering dan pecah-pecah akan membuat kulit bibir menjadi lebih hitam. Agar tidak terjadi, Anda wajib menjaga kelembapan bibir Anda.

Sebaiknya gunakan selalu pelembab bibir yang sesuai dengan kulit Anda sebelum menggunakan lipstik. Perhatikan benar-benar kandungan pelembab dan kosmetik bibir Anda agar tidak lantas malah merusak bibir Anda.

Atau Anda bisa mencoba menggunakan bahan-bahan alami untuk melembabkan kulit bibir. Salah satu bahan alami yang bisa Anda pakai untuk menjaga kelembapan bibir adalah madu. Madu dapat Anda gunakan pada malam hari menjelang tidur.

4. Perawatan


Jika bibir sudah terlanjur menghitam, Anda dapat membuat sendiri ramuan untuk memudarkan warna hitam di bibir sehingga bibir Anda akan terlihat lebih cerah. Ramuan tersbut dapat Anda buat dari madu, jeruk nipis dan gliserin. Jika digunakan rutin setiap hari, dijamin bibir Anda akan semakin cerah dalam waktu 2 minggu.

Air lemon juga bisa Anda manfaatkan untuk membantu memutihkan kulit bibir. Untuk itu Anda perlu membuat ramuan pasta jeruk lemon dengan campuran air lemon, yogurt, madu dan tepung. Pasta jeruk lemon itu bisa Anda oleskan pada bibir pada malam hari. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu basuh hingga bersih.

Dengan menerapkan 4 langkah tersebut, semoga kulit bibir Anda menjadi lebih cerah. Selamat mencoba.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!