Jumat, 28 Juli 2017

10 Tips Sarapan Pagi Lebih Menyenangkan Saat Hamil

10 Tips Sarapan Pagi Lebih Menyenangkan Saat Hamil
10 Tips Sarapan Pagi Lebih Menyenangkan Saat Hamil
Sarapan pagi merupakan hal yang dibutuhkan oleh setiap orang, apalagi Ibu hamil. Ibu yang sedang mengandung calon penerus generasi diharuskan untuk sarapan dengan menu sehat setiap pagi. Jika Ibu tidak pernah melewatkan sarapan di setiap pagi, maka janin yang Ibu kandung akan berkembang sehat dengan tingkat kecerdasan 25% lebih baik.

Hal ini karena sarapan pagi dapat memberikan asupan gizi dan glukosa yang cukup untuk kebutuhan Ibu dan janin. Glukosa berperan sangat penting untuk peningkatan daya ingat dan juga perkembangan otak pada janin.

Sebaliknya, Ibu hamil yang sering melewatkan waktu sarapannya akan mendapatkan bayi yang kurang sehat. Bayi Ibu akan tumbuh menjadi anak yang sulit berkonsentrasi dan cepat kelelahan. Si kecil juga akan gagal mencapai pertumbuhan dengan tinggi yang optimal di usianya, atau yang sering disebut stunting.

Selain itu, jika Ibu sering malas sarapan saat hamil, maka bayi yang akan Ibu lahirkan akan berkembang menjadi anak yang lebih agresif dan emosional. Oleh karena itu, jangan pernah mengabaikan pentingnya sarapan saat Ibu sedang mengandung. Meski dalam keadaan morning sickness, sarapan tetap harus dinikmati setiap pagi. 

Berikut beberapa tips agar sarapan pagi Ibu lebih nikmat selama mengandung.
  1. Pilih tempat yang tepat dan paling nyaman untuk sarapan sehingga selera makan pun meningkat, seperti di halaman belakang rumah dengan taman yang indah, atau tempat lain yang Ibu sukai.
  2. Coba alihkan pikiran Ibu ke hal – hal yang lebih menyenangkan untuk menikmati makan yang lebih terasa nikmat, seperti pada saat ibu menikmati makan malam romantis dengan hidangan istimewa.
  3. Minum cukup air putih di pagi hari sekitar 1- 2 gelas.
  4. Makanlah makanan berkarbohidrat kompleks untuk memberikan energy yang cukup bagi Ibu. Cukup makan dengan porsi kecil namun lebih sering. Sereal gandum adalah pilihan tepat sebagai menu sarapan pagi.
  5. Hindari makan makanan berminyak dan pedas berlebih, berpemanis buatan, dan berlemak tinggi.
  6. Jika Ibu merasa mual saat mengkonsumsi susu, Ibu bisa menyiasatinya dengan mengkonsumsi produk olahan susuyang juga mengandung kalsium dan protein yang sama banyak, seperti yoghurt, es krim, pudding susu, roti,keju, dan lain sebagainya.
  7. Hindari makanan basah jika memperparah rasa mual Ibu. Ganti dengan jenis makanan yang kering dan segarserta konsumsi sesuai kebutuhan, seperti buah, biskuit,krackers, dan sebagainya.
  8. Hentikan kebiasaan mengkonsumsi kopi dan produk olahan yang mengandung kafein lainnya karena tidak baik untuk kesehatan kehamilan. Ganti minuman Ibu dengan the hangat beraroma yang dapat memberikan rasa nyaman di perut dan mengurangi rasa mual Ibu.
Sarapan merupakan makanan yang dikonsumsi di pagi hari untuk mempersiapkan energy sebelum memulai aktifitas sehari – hari. Setiap orang membutuhkan sarapan di setiap pagi hari, termasuk juga Ibu hamil. Selain mengkonsumsi makanan sehat setiap hari, olah raga dan melakukan aktivitas gaya hidup sehat lainnya, Ibu juga harus sarapan sebelum memulai hari.

Jika terdapat anggapan bahwa sarapan dapat meningkatkan berat badan, hal itu hanyalah mitos belaka. Justru dengan sarapan tubuh Ibu mendapatkan cukup energy hingga waktu makan siang tiba sehingga Ibu tidak menjadi kelaparan dan makan terlalu banyak di siang hari. Selain itu, sarapan juga dapat membantu Ibu menjaga kesehatan Ibu dan kandungan dengan baik setiap hari.
Previous Post
Next Post

0 komentar:

Monggo komentar kritik, saran di kolom dibawah ini atau hanya sekedar titip salam ke pacar juga boleh ... :D

Terus jadikan blog footherbal menjadi blog terbaik buat mencari ilmu kesehatan, kehamilan, gaya hidup, kecantikan dan lain sebagainya ... :)

Jangan menaruh link aktif/pasif di kolom komentar ya bosss ... !!!